Beranda > Hukum > KPK Terima Ribuan Pengaduan Masyarakat Kota Semarang

KPK Terima Ribuan Pengaduan Masyarakat Kota Semarang

Antara 

Antara – 1 jam 27 menit lalu
KPK Terima Ribuan Pengaduan Masyarakat Kota Semarang

Semarang (ANTARA) – Selama periode Januari-April 2010 Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah menerima 2.024 pengaduan tentang dugaan tindak pidana korupsi yang terjadi di Kota Semarang, Jawa Tengah.

“Dari jumlah pengaduan tersebut, 1.876 perkara telah didalami, sedangkan sisanya masih dilakukan pendalaman,” kata juru bicara KPK Johan Budi usai diskusi dengan tema “Posisi dan Peran Media Jurnalis Dalam Pemberantasan Korupsi” di Semarang, Kamis.

Menurut dia, dari pengaduan yang diterima KPK, tidak semua pengaduan dari masyarakat tersebut terindikasi tindak pidana korupsi.

“Berdasarkan data rekapitulasi, jumlah pengaduan yang terindikasi tindak pidana korupsi mencapai 169 pengaduan atau delapan persen lebih dari seluruh pengaduan yang masuk,” ujarnya.

Kendati demikian, Johan tidak bersedia mengungkapkan pengaduan dari masyarakat yang terindikasi tindak pidana korupsi yang sedang dilakukan penyidikan oleh KPK.

Ia menambahkan, selain kasus dugaan korupsi yang melibatkan Bupati Kendal dan Bupati Brebes, masih ada kasus korupsi lainnya di Jawa Tengah yang sedang dalam penyidikan.

Dalam diskusi tersebut hadir sebagai pembicara adalah Deputi Pencegahan KPK Eko Tjiptadi dan pakar dari Universitas Diponegoro Semarang tentang kebijakan media Adi Nugroho.

Eko Tjiptadi menjelaskan, peran media massa dalam pemberantasan korupsi di Indonesia cukup besar karena investigasi dalam peliputan suatu kasus korupsi banyak memberikan masukan kepada KPK.

Selain itu, katanya, kemampuan investigasi yang dimiliki media massa lebih baik dibandingkan tim penyidik KPK.

“Penyidik sering memperoleh informasi dari media massa tentang suatu kasus korupsi yang sedang ditangani,” katanya.

Sementara itu, Adi Nugroho mengemukakan sudah sepatutnya wartawan yang melakukan investigasi terkait suatu kasus dugaan korupsi dan dapat membuktikan hasil investigasinya tersebut mendapat penghargaan.

“Alasannya adalah karena proses investigasi dalam kasus dugaan korupsi itu lebih sulit dan berisiko dibandingkan saat melakukan peliputan suatu berita selain kasus korupsi,” ujar Adi.

Kategori:Hukum
  1. ali
    Maret 16, 2011 pukul 11:12 pm

    Agar berhati-hati dalam menyikapi laporan-laporan yang masuk dari PT.SPSA (sarana pondok sejahtera abadi) yang merupakan group perusahaan PT.Nusuno Karya. yang merupakan perusahaan kriminal, karena sering nya bermasalah terhadap konsumen, dimana melakukan penjualan yang tidak pernah clear, dan uang konsumen tidak di kembalikan. dan memanipulasi data-data yang di masukan ke bank, BPN, dan kantor pajak, sehingga negara di rugikan puluhan milyar rupiah, yang selalu berbau kriminal belaka! saat ini PT.SPSA sedang proses pengajuan IPO melalui konsultan-konsultannya yang melakukan rekayasa yang luar biasa, tidak lain bertujuan melakukan pembohongan publik agar saham nya dapat terjual di masyarakat! seluruh karyawannya di paksa harus menandatangani dalam proses pengajuan kredit ke bank dan pelanggaran aturan-aturan depnaker, serta selalu terdapatnya alat-alat kelengkapan pemalsuan di PT.NUSUNO KARYA, yang bertujuan menipu konsumen, Kantor Pajak, Bank pemberi kredit dll. pemilik nya bpk. Drs Cipto Sulistio, ibu Risti, dan ibu Desy, yang selalu bersekongkol melakukan pembohongan publikdan tindak kriminal. belum lagi tukang-tukang pukul yang selalu di gunakan yang berinisial Umar Key, dan aparat penegak hukum yang selalu di sogok untuk memenangkan setiap ada masalah dengan konsumen, dan mengandalkan premanisme, karena pemimpin nya seorang preman. apakah perusahaan semacam ini pantas IPO ?? mohon agar di selidiki dan di ambil tindakan tegas dan tuntas oleh pemerintah !! wss

    • Maret 17, 2011 pukul 12:56 am

      Terimakasih atas masukannya, bro. Kita sangat berharap semoga masukan ini memberi manfa’at bagi Saudara-saudara kita yang lain. Thanks.

  2. Agustus 18, 2011 pukul 4:19 pm

    Bener banget yang namanya Drs Cipto Sulistio emang ga bisa dipercaya bermuka dua dan tukang bohong, tukang memanfaatkan orang, semoga semua perbuatannya dibalas Tuhan dengan mengganggap remeh orang lain dan semena2 serasa sendiri sudah hebat! Saya sangat2 sakit hati dengan perbuatannya yang tidak perlu diungkap disini, yang pasti hati2 bisnis dengan hantu macam dia

  3. September 12, 2011 pukul 2:47 pm

    tolong penertipan para calo tiket kreta d setasiun poncol….
    sgt2 parah….petugas keamanan saja jd calo…..
    kasianilah yg sampe2 menginap d setasiun yg bawa bekal pas2an…..
    tolong d tindak lanjuti……
    jgn hanya diam saja……….
    kalo kurang yakin jebak saja itu petugas senggol trus minta tiket dgn harga d atas 50rb…
    apa pantas itu d sebut keamanan setasiun…..tiket d konfirmasi udah habis pada tggl 15…tp para petugas menawarkan tiket pada para penumpang yg sgt membutuhkan d tgal 12 sampae dengan 15….apa apaan itu….saya sampae kbggungan…tolong pak buk pengurus kpk…tolong dengan sangat

    • September 12, 2011 pukul 6:03 pm

      Bila memang telah demikian halnya, ini benar-benar sangat dan amat memperihatinkan. Begitulah………….. Manusia bilamana telah lupa kepada Allah SWT, maka dipastikan ia akan berprilaku lebih zalim dan kejam dari binatang. Na’uzubillahi minzalik!!!

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: