Beranda > Parlementaria > Dana Dapil “Panaskan” Rapat Paripurna DPR

Dana Dapil “Panaskan” Rapat Paripurna DPR

VIVAnews

By Arfi Bambani Amri, Suryanta Bakti Susila1 jam 51 menit lalu

VIVAnews – Rapat paripurna Dewan Perwakilan Rakyat menghangat setelah Ketua Badan Anggaran Harry Azhar Aziz membacakan usulan Fraksi Golkar soal Dana program percepatan dan pemerataan pembangunan daerah melalui kebijakan pembangunan kewilayahan yang berbasis kepada daerah pemilihan. Usulan itu bukan kesepakatan Badan Anggaran, hanya sebuah catatan dari badan laporan.

“Catatan, Fraksi Partai Golkar mengusulkan program percepatan dan pemerataan pembangunan daerah melalui kebijakan pembangunan kewilayahan yang berbasis kepada daerah pemilihan,” kata Harry di bagian akhir laporannya dalam sidang paripura, Kamis 17 Juni 2010.

Interupsi pun bermunculan. Ahmad Muzani, anggota Fraksi Gerindra, meminta Badan Anggaran mengklarifikasi ke publik, bahwa usulan dana aspirasi telah disepakati di panitia kerja. Menurut dia, hal itu baru usulan Fraksi Golkar.

“Hal yang diberitakan kemarin (Dana Aspirasi telah dibahas di panja) tidak nyata dalam laporan tadi,” ujar Muzani.

Politisi PPP yang juga Wakil Ketua MPR Lukman Hakim Syaifudin meminta rapat paripurna hari ini bukan pengambilan keputusan. Menurut dia, apa yang disampaikan Ketua Banggar merupakan laporan pendahuluan, yang masih diperlukan penyamaan persepsi.

“Apa yang dilaporkan tidak mengikat. Karena masih banyak pandangan berbagai fraksi yang ada. Paripurna ini sifatnya sekedar penyampaian bukan putusan pendapat dewan,” kata Lukman.

Sikap lebih tegas disampaikan Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Olly Dondokambey yang juga sebagai Koordinator Panitia Kerja Kebijakan Belanja Pemerintah Pusat, Panitia Kerja yang membahas Dana Aspirasi. “PDIP sampai hari ini belum menyetujui,” ujarnya.

Hujan interupsi masih “lebat”. Namun, Pimpinan sidang, Pramono Anung, menghentikan keributan. “Persoalan dana aspirasi ini nanti kalau sudah masuk pembahasan, sekarang tidak perlu diperpanjang lagi,” ujar Pram.

Sidang kemudian dilanjutkan dengan pembahasan Anggaran DPR yang disampaikan Pius Lustrilanang. (umi)

Kategori:Parlementaria
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: