Beranda > Gayus Tambunan > Taslim: Kelemahan Polisi Adalah Tidak Mau Menelusuri Penyuap Gayus

Taslim: Kelemahan Polisi Adalah Tidak Mau Menelusuri Penyuap Gayus

Sabtu, 18 Desember 2010 , 12:28:00 WIB

Laporan: Firardy Rozy

RMOL. DPR akan mendorong proses penegakan hukum terhadap kasus terdakwa mafia pajak, Gayus HP Tambunan. Proses hukum kasus Gayus tersebut akan didorong, agar Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang menanganinya.

Demikian kata Taslim Chaniago kepada wartawan, usai diskusi polemik di Warung Daun, Cikini, Jakarta Pusat, sesaat tadi (Sabtu, 18/12). Taslim mengakui, kasus Gayus tersebut bukanlah merupakan ranah legislatif. Hanya saja, Taslim berjanji, Komisi III akan mendorong proses penegakan hukum kasus Gayus tersebut ke KPK.

“Jangan berbicara mafia pajak dulu, tapi proses penegakan hukumnya harus jalan,” ujar Taslim. Lantas kenapa harus KPK? Taslim melihat, polisi, jaksa dan hakim merupakan bagian dari kasus Gayus itu. Sehingga, kata dia,  KPK perlu mengambil kasus ini. “Karena kalau tidak KPK, kami tidak yakin ini selesai. Kita lihat saja pasal yang dikenakan ke Gayus, lebih ke arah gratifikasinya. Ini kasus besar, tapi jadi klecil,” jelas Taslim.

Lalu, kenapa polisi tidak menelusuri penyuap Gayus? Taslim mengatakan, dirinya juga tidak mengerti soal itu. Lantas, dia lalu memberi contoh seperti kasus teroris. Di mana orangnya sudah mati, akan tetapi aliran dananya masih bisa ditelusuri oleh kepolisian. “Tapi dalam kasus Gayus, bahwa kesaksian Gayus, saksi lainnya dan bukti-bukti sudah menyebutkan nama perusahaan. Tapi, polisi tidak mau mengejar itu,” kata Taslim dengan heran.

Menurut Taslim di situlah letak kelemahan dari kepolisian. Karena itu, kata dia, sebaiknya kasus ini diserahkan saja kerpada KPK. “KPK harus berani, karena saya rasa kasus Gayus ini banyak tali yg mengkait dengan Gayus. Makanya dicari tali itu, siapa yang terkait dengan Gayus,” ujarnya. [kgi]

Kategori:Gayus Tambunan
  1. Leckzy
    April 29, 2011 pukul 4:09 pm

    Menurut saya, mungkin Polisinya di suap lagi. Makanya yang terjadi seperti begitu (tdk dpt menylidiki kasus sampai tuntas). Yang jelas kasus ini pasti ada akar2 yg lain.
    Setidaknya harus di angkat lagi masalah ini supaya mereka sadar. Kasihankan negara kita termasuk daftar negara termiskin. Ingatlah falsafah NKRI sila pertama…!

  2. April 29, 2011 pukul 9:46 pm

    Seperti Anda duga……. boleh jadi hal itu demikian. Begitulah, 1001 dugaan akan lahir tersebab tidak dituntaskannya berbagai kasus korupsi di republik ini. Masya Allah!!!!!!!!!

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: