Beranda > Pendidikan Muhammadiyah > Muhammadiyah Kalteng Siapkan Format Pendidikan Berkarakter

Muhammadiyah Kalteng Siapkan Format Pendidikan Berkarakter

Antara

Antara – 1 jam 43 menit lalu
Muhammadiyah Kalteng Siapkan Format Pendidikan Berkarakter

Palangka Raya (ANTARA) – Pengurus Wilayah Muhammadiyah (PWM) Kalimantan Tengah sedang menyiapkan konsep dan format baru amal usaha bidang pendidikan yang menghubungkan standar kompetensi pembelajaran dengan karakter penyelenggara dan peserta didik.

Ketua PWM Kalteng Drs H Ahmad Syar`i MPd di Palangka Raya, Ahad, mengatakan, upaya tersebut perlu dilakukan pembekalan dan penguatan karakter serta moral peserta didik dalam semua aktivitas yang dilakukan warga harus bernuansa Islami.
“Untuk itu, semua aktivitas di lingkungan perguruan dan kampus Muhammadiyah harus bernuansa ibadah yang sudah digariskan dalam pergerakan Muhammadiyah yang bersumber dari ajaran Islam dan tertuang dalam kitab suci Al Quran dan Hadist,” katanya.
Dikatakan, suasana lingkungan perguruan dan kampus Muhammadiyah harus Islami dan tidak boleh mengabaikan segala kewajiban termasuk ibadah ma`dah, dengan alasan kesibukan kegiatan proses belajar mengajar.
Suasana keseharian lingkungan perguruan dan kampus Muhammadiyah Palangka Raya belakangan mendapat kritik karena dinilai tidak lagi memcerminkan Islami seperti tidak adanya aturan cara berpakaian dan tata pergaulan bagi para mahasiswa Universitas Muhammadiyah.
Tidak jelasnya tata aturan di lingkungan kampus UM Palangka Raya itu, disebut-sebut sebagai penyebab utama kemerosotan pengkaderan di kalangan Muhammadiyah Kalimantan Tengah, seiring kebijakan menjadikan universitas ini sebagai lembaga pendidikan tinggi terbuka.
“Ada apa dengan kampus UM Palangka Raya saat ini. Anak saya yang bersekolah di lingkungan perguruan Muhammadiyah di Palangka Raya sejak pendidikan dasar, tingkat menengah, hingga tingkat atas, lalu tiba-tiba berubah,” kata seorang ibu.
Dengan nada prihatin dia mengatakan, perubahan itu diperlihatkan dalam perilaku baru ketika menjadi mahasiswa, termasuk tidak mau lagi menggunakan jilbab dan yang lebih aneh lagi suka berpakaian seksi.
Pemantauan ANTARA, suasana lingkungan kampus UM Palangka Raya saat ini tidak berbeda dengan kebanyakan lingkungan pendidikan umum termasuk cara berpakaian dan tata pergaulan antar mahasiswa.
Kegiatan peserta didik tingkat SLTP dan SLTA yang terlihat lebih berkarakter seperti cara berpakaian dan pergaulan keseharian seperti lingkungan sekolah Islam unggulan di berbagai kota besar di Indonesia dan bahkan mirip pondok pesantren atau bording school.
Rektor baru
Alih kepemimpinan di lingkungan UM Palangka Raya berlangsung mulus dengan terpilihnya H Bulkani SPd MPd sebagai rektor baru masa bakti 2010-2014.
Bulkani memperoleh dukungan 15 suara menyisihkan Drs H Supardi MPd dengan perolehan lima suara dan Ir H Syahrin Daulay MT, pada rapat senat pada Rabu(15/12), kata Masrukin S.Sos MAP, salah seorang anggota senat universitas tersebut.
Rektor UM terpilih masih menjabat Pembantu Rektor (Purek) bidang akademik dan dosen tetap Kopertis dari Fakultas Ilmu Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP).
Bulkani merupakan rektor kelima sejak berdirinya UM Palangka Raya tahun 1986. Rektor pertama Drs A S Lambung, rektor kedua Drs Sinan Main SH, rektor ketiga H Muhammad Yamin LC, dan rektor keempat Drs H Djairi, MPd.
Sementara itu Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Kalimantan Tengah Drs H Ahmad Syar`i MPd mengatakan rektor baru UM segera dilantik dan direncanakan dihadiri Ketua Pengurus Pusat Muhammadiyah Prof H Din Syamsuddin.

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: