Beranda > Forum Tokoh Lintas Agama > Rizal Ramli : Pertemuan Meja Bundar Sebagai Respon untuk Tokoh Lintas Agama, Koreksi Kebohongan Istana

Rizal Ramli : Pertemuan Meja Bundar Sebagai Respon untuk Tokoh Lintas Agama, Koreksi Kebohongan Istana

Senin, 17 Jan 2011 12:40 WIB

JAKARTA,RIMANEWS- Dipimpin Dr Rizal Ramli, dan  Dr Yudi Latif  serta dipandu mantan aktivis ITB Ir S Indro Cahyono,  seratus tokoh politik, aktivis pergerakan dan lembaga swadaya masyarakat menggelar  pertemuan yang dinamai ”pertemuan meja bundar” di Gedung Juang Menteng Jakarta, siang ini.

“Ini merupakan respons atas sikap tokoh lintas agama yang mencanangkan tahun perlawanan terhadap kebohongan di PP Muhammadiyah minggu lalu,” kata mantan menko perekonomian Rizal Ramli, inisiator acara.

Rizal mengingatkan, kaum terdidik Indonesia jangan diam membisu. Kalau tidak angkat bicara melihat kebohongan akan bernasib sama dengan Jerman ketika dipimpin Hitler.

“Pertemuan ini dilakukan sebagai respon tokoh lintas agama yang mencanangkan tahun ini sebagai tahun perlawanan terhadap kebohongan,” ujar Gus Romli, panggilan akrab Rizal Ramli di kalangan NU..

Menurut tokoh nasional itu, dari perspektif ekonomi, Indonesia harus belajar dari China dan Jepang.”Dalam tempo puluhan tahun, China dan Jepang berhasil menjadi kekuatan ekonomi dunia. Maka Indonesia juga harus meninggalkan ekonomi neoliberal dan kembali ke ekonomi konstitusional,” tegas Rizal.
Acara yang dihadiri sejumlah tokoh pergerakan ini mengkritisi kinerja pemerintah  SBY yang  sarat kebohongan dan sudah sangat mencemaskan. “Situasi yang hadir selama ini semakin mencemaskan, Pemerintahan membusuk dengan kebohongan,”  kata Rizal Ramli, mantan menteri di masa Pemerintahan Abdurrahman Wahid itu.

Selain Rizal, beberapa tokoh yang hadir antara lain Hariadi Darmawan, mantan KSAD Tyasno Sudarto Yudi Latif, Yuddy Chrisnandi (Hanura), Permadi (Gerindra), Ahmad Yani (PPP), Mahfudz Siddiq (PKS), Indra J Piliang (Golkar), Fuad Bawazier (Hanura), Firman Djaya Daeli (PDIP), Effendi Choirie (PKB),  ekonom UGM Revrisond Baswir, Hendri Saparini, Stefanus Gusma, M Chozin Amirullah, Cokro Wibowo, Sasmito Hadinegoro dan sejumlah tokoh lain.

Dalam pertemuan tersebut dideklarasikan  Tahun 2011 sebagai Tahun Kebenaran.

Pertemuan tersebut sebagai resppon pasca adanya pertemuan tokoh lintas agama pekan llau yang menyebut adanya 18 kebohongan pemeri ntahan SBY.

Indra Piliang, melalui akun Twitternya, menyatakan acara ini dimulai dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Setelah itu barulah masing-masing tokoh berbicara. Yudi Latif misalnya berbicara soal terminologi “bohong.”
Sebelumnya tanggal 10 Januari 2011, sejumlah tokoh agama menegaskan bahwa pemerintah sudah melakukan 18 kebohongan selama ini. SBY mencoba membantah tuduhan itu, namun jawaban istana dinilai public justru menimbulkan kebohongan baru.
Soal kebohongan itu, Ketua Umum PP Muhammadiyah Din Syamsuddin  secara terpisah menyatakan tidak ingin ada dikooptasi dalam pertemuan antara Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dengan para tokoh lintas agama. Pertemuan akan digelar Senin malam.

Pertemuan antara tokoh lintas agama dengan SBY di Wisma Negara, kata Din, adalah dialog antara pemimpin formal dan informal  di tubuh  masyarakat. Pertemuan ini terkait dengan isu kebohongan pemerintah yang mencuat dari pertemuan para tokoh lintas agama di Gedung Dewan Dakwah PP Muhammadiyah, Senin 10 Januri lalu.

Para tokoh lintas agama bertemu karena gusar dengan kondisi negara yang terjadi akhir-akhir ini. Tidak hanya menyangkut kasus Gayus tapi juga kasus lain, seperti Century  dan mafia pajak kakap serta isu HAM dan skandal BLBI  yang terkesan dipetieskan, di mana pemerintah seolah enggan mengungkapkannya. Padahal sebelumnya SBY berjanji memimpin langsung gerakan pemberantasan korupsi secara door to door..

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: