Beranda > Ragam Kehidupan > 31 Juta Lebih Warga Indonesia Masih Miskin

31 Juta Lebih Warga Indonesia Masih Miskin

Antara 

Antara – 39 menit lalu
31 Juta Lebih Warga Indonesia Masih Miskin

Sampang (ANTARA) – Sebanyak 31.200.000 jiwa atau sekitar 13,33 persen dari total jumlah penduduk di Indonesia masih tergolong miskin dan perlu terus mendapatkan perhatian pemerintah.

Hal ini disampaikan Menteri Sosial Salim Segaf Al-Jufri saat melakukan kunjungan kerja ke Sampang, Madura, Jawa Timur, Rabu.

“Tapi saya yakin angka kemiskinan ke depan bisa ditekan mengingat di sejumlah daerah sudah berupaya optimal untuk menekan jumlah kemiskinan, termasuk di Sampang, Madura,” kata Mensos.

Ia mencontohkan seperti yang telah dilakukan Pemkab Sampang dari sebelumnya diatas 50 persen pada 2007 kini hanya 30 persen pada 2010.

“Kalau di daerah ada upaya maksimal untuk menekan angka kemiskinan seperti di Sampang ini saya yakin akhir 2014 nanti pemberantasan kemiskinan akan tuntas,” katanya menjelaskan.

Mensos menjelaskan, pemerintah sendiri telah melakukan berbagai program dalam berupaya menekan angka kemiskinan di Indonesia. Salah satunya dengan memberikan bantuan kepala keluarga miskin berupa perbaikan rumah kumuh dan bantuan kelompok usaha ekonomi bersama (Kube).

Program ini, kata Mensos akan terus dilakukan hingga 2014 sehingga angka kemiskinan di Indonesia benar-benar bisa ditekan.

Program pemberantasan kemiskinan lainnya yang dicanangkan pemerintah ialah Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) dan Program Keluarga Harapan (PKH).

Angka kemiskinan di Indonesia hampir menyamai jumlah penduduk negara tetangga, semisal Malaysia, Thailand dan Singapura.

Berdasarkan survei, pada 2010 ini penduduk warga Malaysia mencapai 28,2 juta jiwa dan penduduk Thailand, mencapai 65,9 juta jiwa (2009).

Sedangkan bilang disandingkan dengan Singapura, tetangga terdekat Indonesia, maka jumlah penduduk miskin Indonesia itu setara dengan enam kali jumlah penduduk Singapura yang hanya sebesar 4,9 juta jiwa.

Iklan
Kategori:Ragam Kehidupan
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: