Beranda > Indonesia Dalam Krisis Mesis > Evakuasi WNI di Mesir tak Gunakan Pesawat Militer

Evakuasi WNI di Mesir tak Gunakan Pesawat Militer

Selasa, 01 Februari 2011, 15:48 WIB
CNN

Evakuasi WNI di Mesir tak Gunakan Pesawat Militer

Demonstrasi di Kairo, Mesir, menuntut Presiden Hosni Mubarak turun

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA – Evakuasi warga negara Indonesia di Mesir dipastikan hanya menggunakan pesawat milik maskapai penerbangan. Pesawat milik TNI tidak gunakan dalam kegiatan evakuasi atas pertimbangan efektivitas dan jarak penerbangan. Pesawat yang digunakan milik maskapai Garuda Indonesia, Lion Air, dan Batavia.

Hal itu disampaikan Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro di Kementerian Pertahanan, Selasa (1/2). “Pertimbangannya bukan ini militer bukan militer. Pertimbangannya ini jauh, penerbangan ke sana itu bisa sampai 10 jam nonstop,” ujar Purnomo menegaskan.

Dia mencontohkan, pesawat Hercules hanya terbang enam jam dan muatannya juga kecil. Sementara, kata Purnomo, di Mesir itu ada sekitar 6.000 orang Indonesia yang harus dievakuasi dengan terlebih dahulu mengevakuasi wanita dan anak-anak sebanyak 1.200-1.300 orang.

“Garuda bersedia karena sudah siap pesawat 747-400 itu kapasitas 425-428 penumpang, kemudian Lion Air juga ada. Kemudian juga Batavia,” katanya. Menurut Purnomo, Garuda 747-400 menyediakan dua pesawat, Lion Air satu pesawat, dan Batavia Air satu pesawat.

Sebanyak 1.200 orang pertama yang dievakuasi bisa dilakukan dengan 2-3 perjalanan bolak balik pesawat yang memiliki kapasitas 400-an orang. Menurut Purnomo, satu pesawat sudah berangkat Senin (31/1) malam ke Mesir. “Pilihannya langsung ke Tanah Air karena situasi di sana tidak tahu berapa lama,” katanya.

Red: Didi Purwadi
Rep: M Ikhsan Shiddieqy

Iklan
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: