Beranda > Israel Dalam Pergolakan Mesir > Israel Kecolongan Soal Krisis Mesir

Israel Kecolongan Soal Krisis Mesir

Selasa, 01/02/2011 15:05 WIB
Rita Uli Hutapea – detikNews


AFP
Yerusalem – Pemerintah dan militer Israel merasa kecolongan dengan terjadinya krisis politik di Mesir. Israel sama sekali tidak menduga akan terjadinya pergolakan yang mengancam kekuasaan Presiden Mesir Hosni Mubarak, yang selama ini bersikap pro-Barat.

Tak diragukan lagi bahwa Israel mengalami kegagalan intelijen yang serius. Sebab baru saja pekan lalu, direktur intelijen militer Israel yang baru, Mayjen Aviv Kochavi, menyampaikan pandangan regionalnya untu tahun 2011. Dalam pidatonya itu, sama sekali tidak disebut soal kemungkinan adanya pergolakan di Mesir ataupun instabilitas dalam rezim Mubarak.

Para pejabat tinggi Israel pada Minggu, 30 Januari waktu setempat telah menggelar pertemuan untuk membahas krisis Mesir serta implikasinya bagi keamanan Israel. Namun dalam rapat tersebut, para pejabat tak bisa memberikan rekomendasi mengenai apa yang harus dilakukan.

“Kami mengerahkan banyak sumber daya untuk memonitor Mesir, karena itu kami seharusnya melihat ini akan terjadi,” tutur seorang pejabat intelijen Israel yang ikut serta dalam pertemuan itu seperti dilansir New York Times, Selasa (1/2/2011).

“Kami sedang memeriksa kegagalan apa yang menyebabkan kita salah membaca situasi,” imbuh pejabat tersebut.

Dikatakan pejabat yang minta dirahasiakan identitasnya itu, pemerintah Israel tadinya mengira aksi-aksi protes yang menjamur di Timur Tengah sejak revolusi di Tunisia tak akan banyak berpengaruh bagi Mesir.

Intelijen Israel selama ini yakin akan tangguhnya kepemimpinan Mubarak serta kekuatan polisi dan militer Mesir.

“Kami tidak mengira aksi-aksi protes itu akan meraih momentum begitu besar dengan sangat cepat,” ujar pejabat intelijen Israel.

Saat ini aksi demo besar-besaran terus berlangsung di Kairo dan kota-kota lainnya di Mesir. Para demonstran bertekad akan terus melakukan aksi mereka sampai Mubarak mundur. Sejauh ini lebih dari 100 orang telah tewas akibat bentrokan antara aparat polisi dan demonstran selama demonstrasi tersebut.
(ita/nrl)

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: