Beranda > Indonesia Dalam Krisis Mesis > Kemelut Tunisia dan Mesir Diyakini Tak Menjalar ke Indonesia

Kemelut Tunisia dan Mesir Diyakini Tak Menjalar ke Indonesia

Selasa, 01 Februari 2011 | 15:06 WIB

Seorang wanita membawa poster yang bertuliskan ” Mubarak pergi”, saat berunjukrasa menuntut presiden Husni Mubarak mundur di Kairo, Mesir (31/1). AP/Manoocher Deghati

TEMPO Interaktif, Jakarta – Kemelut politik di Tunisia dan Mesir diyakini tidak akan merambah ke Indonesia. Daya tahan demokrasi yang dimiliki Indonesia dinilai cukup kuat untuk menahan menjalarnya revolusi di dua negara tersebut.

“Saya yakin tidak akan masuk ke Indonesia karena Indonesia punya demokrasi,” kata Wakil Ketua DPR Pramono Anung di Gedung Nusantara III DPR, Senayan, Selasa 1 Februari 2011.

Menurut politisi PDI Perjuangan ini, demokrasi memungkinkan rakyat untuk berbeda pendapat. “Kita boleh bicara keras, mengkritik pemerintah, bahkan partai saya adalah partai di luar pemerintahan tetapi bangunan demokrasi ini tidak boleh kita runtuhkan,” kata dia.

Dengan pengalaman berdemokrasi yang dimiliki, Pram yakin setiap gonjang-ganjing politik yang terjadi di Indonesia tak akan berpengaruh pada aspek ekonomi. “Kalau dulu gonjang-ganjing selalu berpengaruh negatif kepada ekonomi, sekarang ini kan relatif tidak,” ujarnya. “Sehingga dengan demikian, saya meyakini wabah yang saya sebut epidemi Tunisia itu tidak akan masuk ke Indonesia,” ujarnya.

Pramono menambahkan, daya tahan demokrasi yang dimiliki Indonesia saat ini telah cukup kuat untuk kemungkinan terjadinya revolusi seperti yang terjadi di Tunisia dan Mesir.

AMIRULLAH

Iklan
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: