Beranda > Indonesia Dalam Krisis Mesis > Komisi I DPR Dukung Pemulangan WNI dari Mesir

Komisi I DPR Dukung Pemulangan WNI dari Mesir

Selasa, 01 Februari 2011 , 21:10:00 WIB

Laporan: Dede Heryawan
 

AGUS GUMIWANG/IST

RMOL. Situasi krisis politik di Mesir belakangan ini, semakin menjadi-jadi. Ratusan korban meregang nyawa dan simpul-simpul ekonomi lumpuh. Atas tragedi tersebut Komisi I DPR, yang membidangangi masalah luar negeri, menyatakan keprihatinannya.

Wakil Ketua Komisi I DPR RI, Agus Gumiwang, menyatakan sebagai negara yang pernah mengalami transisi demokrasi pada tahun 1998, serta sebagai negara sahabat, Indonesia memiliki keterkaitan emosional dengan apa yang sedang terjadi di Mesir saat ini.

Kata dia, diperkirakan pada saat ini, terdapat lebih dari 6000 Warga Negara Indonesia berada di Mesir, dan dalam kondisi yang penuh ketidakpastian, menunggu respons terkini dari Pemerintah Republik Indonesia.

“Kita mendukung penuh apa yang telah diupayakan Pemerintah RI dalam rangka melindungi, menyelamatkan dan mengevakuasi WNI yang berada di Mesir,” katanya kepada wartawan di gedung DPR Selasa petang (1/2).

Selanjutnya, kata dia, Kementerian Luar Negeri, lembaga perwakilan Indonesia di Mesir, dan Satuan Tugas (Satgas) Evakuasi yang dibentuk Presiden diharapkan agar, bekerja secara optimal dan berkonsentrasi penuh untuk memberikan perlindungan serta keamanan kepada WNI dalam rangka citizen services.

Kemudian, melakukan pemantauan secara terus menerus serta menghidupkan nomor-nomor hotline yang dapat dihubungi 24 jam, melakukan tindakan atau langkah-langkah apapun yang perlu diambil dalam rangka melindungi dan menyelamatkan WNI di Mesir serta menenangkan keluarga mereka yang berada di tanah air.

“Komisi I akan mendukung kebutuhan anggaran yang diperlukan oleh Kementerian Luar Negeri untuk menyelamatkan WNI yang kini terjebak di Mesir selama penggunaannya bersifat transparan dan accountable,” katanya.

Untuk memudah proses evakuasi dan terjaga keamanannya, Komisi I, menghimbau kepada seluruh WNI yang berada di Mesir untuk menjauhkan diri dari tempat-tempat berbahaya dan kerumunan massa dan berkumpul di tempat-tempat yang telah ditentukan agar memudahkan proses evakuasi. [zul]
Baca juga:

Yudi Latif: Mesir Mengarah ke Era Demokratisasi, Indonesia Kembali ke Rezim Otoritarian
Dipertimbangkan Tahap Evakuasi Selanjutnya
Gadis Saudi Berusia 8 Tahun Ceramahi Mubarak dan Mendesaknya Mundur
Zionis: Mubarak Penjaga Perdamaian Timur Tengah
Kairo Hari Ini Disesaki Pekik “Down With Mubarak”
Iklan
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: