Beranda > Indonesia Dalam Krisis Mesis > Mesir Rusuh, RI Antisipasi Kenaikan Harga Minyak

Mesir Rusuh, RI Antisipasi Kenaikan Harga Minyak

Editor: Erlangga Djumena
Senin, 31 Januari 2011 | 15:56 WIB
KOMPAS/RIZA FATHONI Menko Perekonomian Hatta Rajasa.
JAKARTA, KOMPAS.com –  Kisruh Mesir membuat pemerintah cemas terhadap harga minyak. Pemerintah pun mulai menyiapkan langkah untuk mewaspadai lonjakan harga minyak tersebut.

Rencananya, pemerintah akan mengelola pasokan dan permintaan minyak dalam negeri. Untuk menjaga pasokan, pemerintah bertekad menggenjot produksi minyak. Menteri Perekonomian Hatta Rajasa mengakui, produksi minyak dalam negeri selama ini terus merosot setiap tahun. “Tahun ini target 970.000 barrel per hari harus dicapai,” katanya usai peringatan 59 tahun Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO), Senin (31/1/2011).

Karena itu, Hatta mengaku sudah meminta BP Migas konsisten menjaga produksi minyak sehingga target 970.000 barrel per hari tercapai. Dia meminta BP Migas meningkatkan eksplorasi dan menjaga investasi.

Dia juga meminta, sumur-sumur tua penghasil minyak jangan ditinggalkan begitu saja. “Harus dikerjasamakan, pengusaha nasional banyak, ” kata mantan Menteri Sekretaris Negara ini.

Di sisi permintaan, pemerintah berniat mengelola dan menjaga permintaan. Caranya dengan menghemat dan melakukan diversifikasi energi.

Asal tahu saja, kisruh politik dalam negeri Mesir telah membakar harga minyak. Harga kontrak pengiriman untuk Maret telah naik 1,53 dollar AS per barrel menjadi 90,87 dollar AS di New York Mercantile Exchange pada pukul 13.15 WIB. (Hans Henricus/Kontan)

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: