Beranda > Mesir Membara > Mubarak Tunjuk Suleiman Sebagai Wapres

Mubarak Tunjuk Suleiman Sebagai Wapres

Liputan 6 

Liputan 6 – Minggu, 30 Januari

Liputan6.com, Kairo: Presiden Mesir Hosni Mubarak menunjuk kepala intelijen dan orang terpercaya Omar Suleiman sebagai Wakil Presiden, Sabtu (29/1). Ini adalah jabatan Mubarak sebelum menjadi Presiden dan tidak pernah lagi diisi selama 30 tahun kekuasaannya.

Langkah itu mengindikasikan adanya rencana suksesi kepemimpinan. Ini juga menunjukkan putra Mubarak, yang telah lama dikatakan menjadi calon pemimpin, telah dicoret dari kemungkinan itu.

Televisi nasional menunjukkan Suleiman telah disumpah menjadi Wapres Mesir. Suleiman telah lama mengambil peran dalam kebijakan kunci, seperti proses perdamaian Palestina-Israel.

Kantor berita nasional Mesir memberi laporan singkat bahwa “Menteri Omar Suleiman telah diambil sumpahnya pada malam ini sebagai Wapres untuk republik ini.”

Sejauh ini masih belum jelas apakah pengunjuk rasa akan menerima langkah tersebut yang memberikan kuasa di tangan institusi militer dan keamanan. “Ia juga sama dengan Mubarak, tidak ada perubahan,” kata seorang pemrotes kepada Reuters di luar kantor Kementerian Dalam Negeri, tempat ribuan pengunjuk rasa berkumpul.(IAN/Ant)

Kategori:Mesir Membara
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan komentar