Beranda > Israel Dalam Pergolakan Mesir > Netanyahu Takut Militan Ambil Alih The Pharaohs

Netanyahu Takut Militan Ambil Alih The Pharaohs

Rabu, 02 Februari 2011 , 03:12:00 WIB

 

BENJAMIN NETANYAHU

RMOL. Revolusi di Mesir mem­buat Perdana Menteri (PM) Israel Benjamin Netanyahu di­hantui ketakutan. Ne­ta­nya­hu ngeri krisis di negeri yang dijuluki “The Pharaohs” bakal dieksploitasi para militan. Kelompok Islam garis keras ini, menurut Netanyahu akan mengisi kekosongan ke­ku­a­saan yang terjadi.

Saat ini, rakyat Mesir dilan­da euforia untuk meng­gu­ling­kan Mubarak. Ironisnya, be­lum ada nama pengganti pe­mim­pin oto­riter itu.

“Ketakutan kami adalah situasi yang akan terjadi. Da­lam keadaan kacau, kelompok Islam teror­ganisir bisa meng­ambil alih ne­gara. Itu telah terjadi. Itu terjadi di Iran,” ujar Netanyahu dalam konferensi pers selama 30 menit bersama Kanselir Jerman Angela Mer­kel di Yerusalem, Senin (31/1) waktu setempat.

Menurut Netanyahu, bila ken­dali Mesir ada di tangan ke­lompok ekstrem, maka akan terjadi pelanggaran HAM serta mendatangkan bahaya bagi per­da­maian dan stabilitas.

“Saya tidak berpikir bahwa kita telah meninggalkan Me­sir saat susah,” timpal Merkel seraya me­nambahkan, telah berbicara de­ngan Mubarak melalui telepon, Minggu (30/1). “Kami berbicara tentang situasi defisit, misalnya sehu­bungan dengan hak asasi ma­nusia, kebebasan pers dan UU pemilu serta pekerjaan untuk kaum muda,” kata Merkel.

“Anda tidak bisa me­nga­takan prinsip saya berlaku un­tuk be­berapa negara, di mana Anda dapat berbicara pikiran dan suara secara bebas. Yang tentu berbeda jika negara-negara lain tidak me­megang prinsip itu sama sekali.”

Selama 30 tahun memimpin Mesir, Mubarak muncul se­bagai sekutu terkuat Israel di dunia Arab. Mesir menjadi negara Arab pertama yang menandatangani perjanjian damai dengan Israel pada 1979 dan sangat meng­hormati perjanjian tersebut. Mubarak menjalin hubungan erat de­ngan para pemimpin Israel dan telah menjadi jem­batan antara pemerintah Israel dan Palestina.   [RM]

Iklan
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: