Beranda > Indonesia Dalam Krisis Mesis > Pesawat Evakuasi WNI di Mesir Bertolak Pukul 21.00

Pesawat Evakuasi WNI di Mesir Bertolak Pukul 21.00

Selasa, 01 Februari 2011 | 17:06 WIB

TEMPO/FULLY SYAFI

TEMPO Interaktif, Jakarta – Pesawat Garuda Indonesia yang disiapkan untuk mengangkut warga negara Indonesia di Mesir untuk dipulangkan ke Indonesia telah berada di Jedah, Arab Saudi. Pesawat tersebut nantinya akan bertolak dari Jeddah ke Kairo, lalu dari Kairo kembali ke Jeddah pada pukul 21.00 waktu setempat.

Menurut juru bicara Kedutaan Besar Republik Indonesia di Kairo, Iwan Wijaya, saat ini ada 450 warga yang terdaftar dan akan dipulangkan. “Prioritas penerbangan pertama, para wanita, ibu hamil dan anak-anak, mereka rata-rata mahasiswa,” kata Iwan saat dihubungi, Selasa (1/2).
Saat ini, kata Iwan, para warga Indonesia yang ingin pulang ke tanah air sudah berkumpul di kantor konsuler Indonesia. “Karena di sana konsentrasi mahasiswa Indonesia dan lebih dekat ke bandara,” ujarnya.
Sebelumnya, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono memerintahkan semua warga Indonesia yang saat ini ada di Mesir dievakuasi lewat udara. Perintah ini menyusul kondisi terakhir di negara piramida yang semakin memburuk. “Untuk mengamankan dan menyelamatkan warga,” katanya dalam jumpa pers seusai rapat terbatas di Kantor Presiden, kemarin.
Yudhoyono membentuk Satuan Tugas khusus untuk menangani evakuasi 6.149 warga Indonesia yang tercatat kini ada di Mesir. Anggota Dewan Pertimbangan Presiden Nur Hassan Wirajuda ditunjuk sebagai ketuanya, dan Wakil Ketua Staf TNI Angkatan Udara Marsekal Madya Sukirno.
Adapun gelombang demonstrasi di Kairo belum surut. Menurut Iwan, kantor KBRI Kairo yang letaknya sekitar 1-2 km dari Tahrir Square masih aman. “Cuma memang ada kelangkaan makanan, banyak toko yang tutup,” kata Iwan.
Untuk menjamin warga Indonesia tetap mendapat makanan, KBRI Kairo membuka tiga posko 24 jam, yakni di kantor KBRI Kairo, di kantor konsuler dan di pusat kebudayaan Indonesia. “Kami menyiapkan mie instan dan aqua untuk warga Indonesia,” ujar Iwan.
POERNOMO G. RIDHO
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: