Beranda > Mubarak, Di Sini Saya Akan Mati > Ingat, Mubarak Mundur Pascapemilu!

Ingat, Mubarak Mundur Pascapemilu!

MESIR
Penulis: Josephus Primus | Editor: Josephus Primus
Rabu, 2 Februari 2011 | 07:54 WIB
al jazeera Presiden Mesir, Hosni Mubarak.

KOMPAS.com – Salah satu bagian penting dalam pidato Presiden Mesir Hosni Mubarak menjelang Rabu (2/2/2011) dini hari adalah ketidakinginannya mengikuti pemilu pada September mendatang. “Dengan setulus hati, tanpa pengaruh dari situasi sekarang, saya memang tidak pernah berniat mencalonkan diri kembali untuk menjadi presiden,” begitu kata Mubarak.

Sebagaimana warta CNN, AP, dan AFP dalam pidato di televisi milik pemerintah yang tampaknya bertujuan mengatasi aksi demonstrasi massal menuntut pengunduran dirinya, Mubarak mengatakan dia akan menghabiskan masa jabatannya agar terjadi penyerahan kekuasaan secara damai. “Saya menyelesaikan masa jabatan saya untuk mengambil langkah-langkah yang diperlukan agar terjadi penyerahan kekuasaan secara damai.” ujarnya dengan menjanjikan perubahan Undang-Undang Dasar yang akan membatasi masa jabatan presiden.

Warga Mesir sangat sabar, kata Mubarak, dan bisa menunggu beberapa bulan sebelum dia mundur.

Pengumuman ini dikeluarkan ketika puluhan ribu warga turun berdemonstrasi di pusat kota Kairo untuk menuntut dia segera turun dari jabatan presiden. Ini adalah aksi demonstrasi terbesar sejak aksi protes dimulai munggu lalu. Warga yang berkumpul di Lapangan Tahrir, Kairo, bersorak gembira setelah mendengar pidato presiden itu.

Presiden Mubarak juga mengkritik aksi protes dengan mengatakan aksi yang dimulai secara damai berubah menjadi peristiwa penuh kekerasan dengan kendali pihak-pihak tertentu. Dia mengatakan telah menawarkan diri untuk bertemu dengan semua partai politik namun ada kekuatan politik tertentu yang menolak dialog.
Iklan
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: