Beranda > Indonesia Dalam Krisis Mesis > Inilah Sikap Indonesia terhadap Mesir

Inilah Sikap Indonesia terhadap Mesir

Politik Luar Negeri
Penulis: Icha Rastika | Editor: Heru Margianto
Rabu, 2 Februari 2011 | 13:37 WIB
KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMO Marty Natalegawa.

JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa menyampaikan, Pemerintah Indonesia akan mengedepankan kepentingan nasional dalam menanggapi gejolak politik di Mesir. Di samping itu, pemerintah akan memosisikan diri sebagai negara demokratis yang turut memajukan prinsip hak asasi manusia.

“Penting menampilkan sosok Indonesia yang demokratis dan memajukan prinsip-prinsip HAM. Aspek ini akan kita kelola dan kedepankan dengan baik. Penyampaian jati diri sebagai negara demokrasi harus diselaraskan dengan aspek perlindungan warga kita,” kata Marty dalam rapat dengar pendapat umum dengan Komisi I DPR di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (2/2/2011).

Selain hal tersebut, yang tidak kalah penting, kata Marty, adalah menjaga hubungan persahabatan dengan Mesir yang sudah terjalin sejak lama. “Tidak bicara dengan Pemerintah Mesir atau rezim tertentu. Hubungan Mesir bersahabat. Mesir negara pertama yang mengakui Indonesia. Hubungan ini harus diselaraskan, mengharapkan korban jiwa dapat dihindari,” paparnya.

Saat ini, menurut Marty, pemerintahan Presiden Mesir Hosni Mubarak telah sampai pada masa transisi. “Mubarak mengatakan tidak akan ikut pemilu. Ini tanda proses transisi sudah dimulai di Mesir,” katanya. Diharapkan, masa transisi tersebut akan berjalan secara damai dan tanpa konflik.

Selanjutnya, untuk menjaga keamanan warga negara Indonesia yang berada di sejumlah negara yang tengah dilanda konflik politik, seperti Mesir dan Tunisia, pemerintah meminta perwakilan di sana untuk mempertajam sistem respons darurat.

  1. endy21
    Februari 2, 2011 pukul 11:35 pm

    hooo…, moga2 bisa aman terkendali

    • Februari 3, 2011 pukul 12:28 am

      Benar-benar sebuah pernyataan politik…………..

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: