Beranda > Mesir Membara > ISP Terakhir Mati, Internet Mesir ‘Kiamat’

ISP Terakhir Mati, Internet Mesir ‘Kiamat’

Fino Yurio Kristo – detikinet


Ilustrasi (ist)

Kairo – Kiamat internet terjadi di Mesir. Satu-satunya ISP (Internet Service Provider) atau penyedia layanan internet yang masih beroperasi yakni Noor Group, akhirnya menghentikan pelayanan. Jadilah internet di Mesir boleh dikata lumpuh total.

Berakhirnya layanan Noor Group dikonfirmasi oleh Renesys, perusahaan monitoring internet. Noor Group mengikuti jejak empat penyedia layanan internet lain yang lebih dulu off line, yaitu Link Egypt, Vodafone/Raya, Telecom Egypt dan Etisalat Misr.

Dibandingkan ISP lainnya, Noor Group hanya penyedia layanan internet kecil yang mengendalikan sekitar delapan persen koneksi internet Mesir. Namun Noor Group jadi harapan terakhir kala ISP lainnya berhenti beroperasi sebelum kini juga ikut mati.

“Layanan Noor Group benar-benar tidak tersedia saat ini,” ucap Earl Zmijewski, wakil presiden Renesys yang dilansir AFP dan dikutip detikINET, Selasa (1/2/2011). Usaha untuk membuka website yang memakai layanan Noor Group tidak berhasil.

Layanan internet dan telekomunikasi di Mesir dilumpuhkan oleh pemerintah setelah aksi demo besar-besaran terjadi di negeri itu. Hal ini dilakukan untuk mencegah para aktivis menggalang aksi dengan bantuan dua teknologi tersebut.

Beberapa pakar sampai menyebutkan bahwa pemblokiran internet di Mesir adalah yang terburuk sepanjang sejarah. Sebab kebijakan semacam itu belum pernah terjadi di negara lain sebelumnya.

Kendati demikian, warga Mesir mengupayakan ‘jalan tikus’ agar tetap bisa mengakses informasi. Selain itu ada juga beberapa perusahaan lokal yang berinisiatif menyediakan akses internet di sana. ( fyk / rns )

Kategori:Mesir Membara
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: