Beranda > Mesir Membara > Walah…dari Saku Massa Pro Mubarak yang Diamankan Ditemukan Kartu Indentitas Polisi

Walah…dari Saku Massa Pro Mubarak yang Diamankan Ditemukan Kartu Indentitas Polisi

Kamis, 03 Februari 2011, 13:05 WIB
AFP via Yahoo

Walah...dari Saku Massa Pro Mubarak yang Diamankan Ditemukan Kartu Indentitas Polisi

Dua kubu pro dan anti Mubarak bentrok di Tahrir Square

REPUBLIKA.CO.ID, KAIRO – Bentrok masih berlangsung di Tahrir Square, Mesir. Beberapa anggota kelompok pro-Mubarak diseret massa anti-pemrintah. Dan ini dia, dari sakunya ditemukan katru anggota kepolisian.

Temuan ini sama dengan hasil investigasi wartawan CNN. Beberapa wartawan CNN mendengar dari demonstran pro-Mubarak bahwa mereka bekerja untuk pemerintah. Staf  keamanan dari perusahaan petrokimia nasional mengatakan mereka telah diperintahkan untuk “membantu pemerintah menghalau pemberontak.”

Situs CNN sebalumnya melaporkan, ada kecurigaan  bahwa para demonstran pro-Mubarak tidak hanya warga biasa, namun polisi dan aparat berbaju preman. Atau, preman yang dibayar untuk mengacaukan demo.

Hal ini setidaknya terungkap dari beberapa anggota kelompok pro-Mubarak yang ditangkap. Mereka berteriak-teriak bahwa dirinya telah dibayar untuk mengacaukan massa anti-pemerintah.  Lain ternyata membawa  identifikasi yang merujuk pada aparat kepolisian, meskipun mereka berpakaian biasa.

Shadi Hamid, analis pada Brookings Institution yang berbasis di Qatar, mengatakan kepada CNN bahwa penggunaan kekerasan yang disewa untuk memecah demonstrasi “adalah strategi rezim lama.”

Emad Shahin, seorang analis Timur Tengah di University of Notre Dame, mengatakan bukan rahasia lagi Mubarak bisa menggunakan taktik ini untuk melumpuhkan massa yang menentangnya.

“Tujuan keseluruhan sebenarnya untuk memberikan kesan bahwa masih ada dukungan untuk Mubarak dan untuk memaksa para demonstran keluar dari Tahrir Square,” kata Shahin.

Di Washington, jurubicara Gedung Putih Robert Gibbs menyatakan keprihatinan tentang pecahnya kekerasan.

“Presiden  sangat mengutuk kekerasan yang keterlaluan dan menyedihkan yang terjadi di jalan-jalan Kairo,” kata Gibbs. “Jelas, jika ada kekerasan yang dihasut oleh pemerintah, harus berhenti segera.”

Red: Siwi Tri Puji B
Sumber: CNN

Kategori:Mesir Membara
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: