Beranda > Mesir Membara > Yusuf al-Qaradawi Orasi, Demonstran Anti Mubarak Salat Jumat di Tahrir Square

Yusuf al-Qaradawi Orasi, Demonstran Anti Mubarak Salat Jumat di Tahrir Square

Jumat, 04/02/2011 17:48 WIB

Ken Yunita – detikNews


Foto: Reuters

Jakarta – Ribuan demonstran yang menuntut Presiden Hosni Mubarak Mundur mengikuti salat jumat di Lapangan Tahrir di Kairo. Lapangan yang menjadi konsentrasi unjuk rasa itu dipenuhi demonstran.

Mereka memadati lapangan itu untuk menggelar aksi demo yang disebut sebagai ‘Hari Keberangkatan’ atau deadline untuk Mubarak agar mundur dari kursi presiden. Hal itu tampak dari siaran langsung televisi Al Jazeera, Jumat (4/2/2011).

Para demonstran mengikuti salat jumat dengan tertib. Mereka membentuk barisan salat yang rapi di lapangan tersebut.

Ulama paling berpengaruh di Mesir Sheikh Yusuf al-Qaradawi, seperti dilansir Reuters mengatakan, Mubarak harus mundur dari kursi presiden. Orasi itu disampaikan Sheikh Yusuf sebelum salat jumat digelar.

Usai salat jumat, para demonstran kembali menyerukan agar Mubarak turun. Mereka terus berteriak agar Mubarak mendengarkan tuntutan para demonstran dan mau mundur secepatnya agar kedamaian segera tercipta di Mesir.

Aksi demo hari ini sebelumnya telah ramai dikampanyekan melalui Facebook. Para aktivis demo menyerukan warga Mesir untuk berkumpul di Lapangan Tahrir usai salat Jumat. Mereka nantinya akan berjalan menuju istana kepresidenan guna memaksa Mubarak mundur.

Para aktivis demo berharap aksi ini akan diramaikan oleh sekitar satu juta orang. Para demonstran antipemerintah telah berhari-hari menggelar aksi unjuk rasa untuk menuntut pengunduran diri Mubarak. Bahkan banyak demonstran yang rela tidur di Lapangan Tahrir.

Mubarak sendiri sejauh ini bersikeras untuk terus memimpin hingga pemilihan umum yang rencananya akan digelar pada September mendatang. Dalam wawancara dengan media ABC, Mubarak mengatakan kalau dirinya ingin mundur. Namun tidak sekarang karena dia khawatir Mesir akan jatuh ke dalam kekacauan.

(ken/asy)

Kategori:Mesir Membara
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: