Beranda > Elbaradei, Sang Penantang > ElBaradei: Demonstran Bisa Jadi Ganas

ElBaradei: Demonstran Bisa Jadi Ganas

Minggu, 06 Februari 2011 | 12:03 WIB

Mohamed ElBaradei. REUTERS/Heinz-Peter Bader

TEMPO Interaktif, New York – Tokoh oposisi Mesir, Mohamed ElBaradei mengingatkan Amerika Serikat agar tidak melindungi Presiden Hosni Mubarak dan wakilnya, Oman Suleiman untuk membentuk pemerintahan baru. Bila itu terjadi, kata ElBaradei, demonstran bisa jadi ganas.

Menurut ElBaradei adalah suatu kemunduran bila Amerika Serikat benar-benar mendukung Mubarak dan Oman Suleiman membentuk pemerintahan transisi sebelum pemilihan umum September mendatang. “Bila benar sangat mengecewakan,” kata peraih nobel ini kepada Reuters, Minggu (6/2).
ElBaradei menegaskan satu-satunya cara menyelesaikan krisis ini adalah Mubarak turun dari kekuasaannya. Kemudian, dibentuklah pemerintahan transisi. Jika Mubarak terus berkuasa demonstran bisa makin marah dan terus demonstrasi.
“Mubarak telah kehilangan kepercayaan, kehilangan keyakinan, dia gagal,” kata ElBaradei. Bekas kepala Badan Atom Internasional (IEAE) ini mengusulkan pembentukan dewan presiden yang beranggotakan tiga orang. “Dua orang sipil dan satu militer, ini saatnya membentuk pemerintahan transisi,” kata dia.
Selama 12 hari Mesir bergolak. Puluhan ribu demonstran berkumpul di Tahrir Sqaure menuntut Presiden Mesir Hosni Mubarak turun dari jabatannya. Sebanyak 11 orang tewas dan 5.000 orang luka. Gelombang protes ini juga diperkirakan membuat Mesir merugi Rp 28,2 triliun per hari.
REUTERS | PGR
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: