Beranda > Elbaradei, Sang Penantang > ElBaradei Minta Mubarak Turun

ElBaradei Minta Mubarak Turun

Gejolak Mesir

Jumat, 04/02/2011 – 23:32

KAIRO, (PRLM).- Pemimpin kelompok oposisi Mohamed ElBaradei meminta Presiden Hosni Mubarak untuk mendengarkan suara rakyat sehingga dia dapat turun dari kekuasaannya dengan cara terhormat. “Semakin cepat dia turun, semakin baik hal itu untuk semuanya,” kata ElBaradei seperti dikutip Reuters, Jumat (4/2).

Dia menambahkan, berdasarkan undang-undang sementara yang sudah dibuat kelompoknya, pemerintahan transisi akan membutuhkan satu tahun untuk membentuk pemerintahan demokratis yang didalamnya termasuk pembentukan dewan kepresidenan yang terdiri dari berbagai pihak, termasuk militer. Setelah setahun, konstitusi yang permanen dapat dibentuk untuk menjamin kebebasan berpendapat dari semua elemen parpol yang ada di Mesir, yang selama era Mubarak sangat dibatasi. Setelah memiliki UU tetap itu, baru pemilihan umum siap digelar.

Skenario dari ElBaradei itu menunjukkan, pilpres yang akan digelar pada September mendatang, akan diundur. Soal ini, pemenang Nobel perdamaian tersebut menjelaskan bahwa jika gelaran pilpres dijadwalkan pada September, hal itu terlalu terburu-buru. Akibatnya, pemilu jurdil dan bebas tidak akan terealisasi. Pada kesempatan itu, ElBaradei berulang-ulang menegaskan, dia tidak bermaksud mencalonkan diri sebagai presiden. Skenario itu dibuat untuk kembali menyatukan warga Mesir yang saat ini tercabik-cabik. (A-133/A-26)***

Iklan
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: