Beranda > Mesir Membara > Fisik Demonstran di Mesir Melemah

Fisik Demonstran di Mesir Melemah

Mereka kelelahan, kelaparan, dan kurang tidur. Banyak juga yang cedera.
Minggu, 6 Februari 2011, 16:57 WIB

Pipiet Tri Noorastuti

VIVAnews – Hampir dua pekan, puluhan ribu demonstran anti-pemerintah Mesir masih bertahan di Lapangan Tahrir. Mereka tak akan beranjak dari alun-alun di jantung kota Kairo itu sebelum Presiden Mesir Hosni Mubarak turun.

Seperti dilaporkan Associated Press, mayoritas tampak kelelahan, kelaparan, dan kurang tidur. Bahkan, tak jarang yang terlihat memar dan cedera akibat sejumlah bentrok yang menewaskan sedikitnya 109 orang, sejak 25 Januari 2011.

Meski fisik melemah, semangat mereka tetap membara. Dengan sisa energi, mereka tak ingin perjuangan selama ini sia-sia. “Kami harus mantap menggulingkan pemerintah,” kata Ahmed Abdel Moneim, mahasiswa 22 tahun yang sudah berhari-hari tinggal di Lapangan Tahrir.

“Revolusi Prancis membutuhkan proses lama sebelum akhirnya warga mendapat hak-haknya. Jika memang kami harus menghabiskan sisa hidup untuk menyingkirkan Mubarak, kami akan lakukan,” Abdel menambahkan.

Demonstran lain pun sepakat dengan pernyataan Abdel. “Mungkin kami akan kehilangan energi selama satu bulan ini, tapi kami akan mendapat kebebasan dalam sisa hidup kami,” kata Sharif Mohammed yang turut berjuang menyudahi 30 tahun kekuasaan Mubarak di Mesir.

Optimisme mengalahkan Mubarak terus terbangun di tengah penjagaan tank-tank dan intaian militer di Lapangan Tahrir. Mereka juga tak gentar di tengah upaya pemerintah yang berusaha menghasut rakyat Mesir bahwa demonstran adalah penyebab kekacauan yang membuat kota Kairo lumpuh.

Sejumlah keluarga korban tewas pun siap menyerahkan nyawa mereka demi memastikan berakhirnya rezim Mubarak. “Negara ini tidak memiliki kebebasan dan tidak ada pluralitas pendapat,” kata Ahmed Mustafa, pria 58 tahun yang baru saja kehilangan putranya akibat bentrok. (umi)

• VIVAnews

Iklan
Kategori:Mesir Membara
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: