Beranda > Ikhwanul Muslimin > Ikhwanul Muslimin Bertemu Wapres Mesir

Ikhwanul Muslimin Bertemu Wapres Mesir

Minggu, 06 Februari 2011 | 19:47 WIB

Omar Suleiman (tangah). REUTERS/Mohammed Salem

TEMPO Interaktif, Kairo – Kelompok oposisi terbesar di Mesir, Ikhwanul Muslimin bertemu dengan pemerintah Mesir pada Minggu (6/2). Mereka bertemu dengan Wakil Presiden Omar Suleiman untuk menyelesaikan krisis politik dan demonstrasi yang telah berlangsung selama 2 pekan.

Pemimpin Senior Ikhawanul Muslimin, Mohammed Mursi mengatakan kelompoknya terus mendukung tuntutan para demonstran: Presiden Hosni Mubarak harus turun dari jabatannya. “Kami setuju berdialog untuk menekankan betapa seriusnya tuntutan kami, kini kami ingin melihat respon mereka,” kata Muris.
Selain Ikhwanul Muslimin, beberapa partai oposisi sekuler juga ikut dalam dialog ini. Selain itu juga ada ahli hukum dan konglomerat, Naguib Sawiris. Tokoh oposisi Mohamed El Baradei juga ikut hadir dalam dialog ini.
Dalam siaran televisi nasional, sebelum bertemu Ikhwanul Muslimin, Suleiman bertemu dengan tokoh oposisi independen pada Sabtu kemarin. Pertemuan tersebut menekankan pemilihan presiden yang bebas dan adil sesuai konstitusi.
Koresponden Al Jazeera di Kairo mengatakan pertemuan Ikhwanul Muslimin dengan Wapres Suleiman ini adalah sebuah langkah penting. Ikhwanul Muslimin tertarik membahas turunnya Presiden Mubarak, mereka juga ingin membicarakan parlemen dan meminta tanggung jawab pemerintah atas kekerasan yang terjadi
Sedangkan koresponden Al Jazeera di Alexandria, kota yang menjadi salah satu basis Ikhwanul Muslimin mengatakan banyak kalangan yang terkejut dengan langkah Ikhwanul Muslimin. Sebab, sebelumnya, Ikhwanul menolak bernegoisasi sebelum Mubarak turun.
Adapun Presiden Komunitas Amerika Mesir, Cherif Bassiouni mengatakan Ikhawanul Muslimin menunjukkan tanggung jawabnya. “Mereka telah mengikuti pemilihan legislatif pada 2005, sebanyak 88 anggotanya masuk parlemen, jadi mereka memang punya perang di parlemen,” kata Bassiouni.
AL JAZEERA | PGR
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: