Beranda > Mesir Membara > Kaum muda Mesir akan bentuk partai oposisi

Kaum muda Mesir akan bentuk partai oposisi

Oleh Antara
Published On: 06 February 2011

KAIRO: Pergerakan kaum muda Mesir berencana membentuk partai oposisi sendiri untuk mempertahankan pencapaian aksi protes antipemerintah yang telah berlangsung selama hampir dua pekan.
Partai tersebut menuntut reformasi konstitusi di Mesir, pembentukan sebuah pemerintahan transisi, pembebasan tahanan politik dan penghapusan pengadilan pembelaan diri bagi warga sipil, mengakhiri status darurat di negara itu dan menjamin kebebasan demokrasi.

Lambang dan kandidat yang berpeluang untuk kepemimpinan partai tersebut tercantum dalam laman Facebook.

Permintaan utama gerakan itu adalah berakhirnya rezim Presiden Hosni Mubarak yang telah berkuasa selama 30 tahun, yang diperkirakan memiliki kekayaaan sekitar US$70 miliar.

Mubarak berjanji untuk mundur ketika periode kepemimpinannya berakhir pada September. Anaknya Gamal telah mundur dari kepemimpinan partai berkuasa Mesir kemarin, sehingga menepis kekhawatiran terjadinya skenario suksesi di pemerintahan.

Pemerintah Mesir menjanjikan reformasi konstitusi, meninjau ulang hasil pemilihan umum parlemen yang kontroversial, memeriksa skandal korupsi terkenal serta membuat isu ekonomi dan sosial menjadi prioritas dalam penentuan kebijakan.

Sebagian besar demonstran di Bunderan Tahrir, pusat kota Mesir, yang menjadi titik fokus utama kerusuhan anti Mubarak, berkeyakinan bahwa langkah itu merupakan tanda-tanda kesiapan pemerintah untuk memulai pembicaraan serius dan kembali menjalani kehidupan normal.(yn)

Kategori:Mesir Membara
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: