Beranda > Indonesia Dalam Krisis Mesis > Mahasiswa Indonesia Korban Kampanye Anti Orang Asing

Mahasiswa Indonesia Korban Kampanye Anti Orang Asing

Minggu, 06 Februari 2011 | 20:27 WIB

Sejumlah demonstran anti pemerintah berbicara dekat grafiti “facebook” di Tahrir Square, Kairo, Mesir (5/2). Sejuta demonstran berkumpul di Tahrir Square menuntut presiden Husni Mubarak mundur. REUTERS/Steve Crisp

TEMPO Interaktif, Kairo – Sentimen anti orang asing mulai terjadi di Mesir. Sejumlah mahasiswa mendapat perlakuan rasis. Akibat kampanye media massa pemerintah yang menyatakan bahwa kerusuhan di Mesir akibat campur tangan asing.

Pada Jumat lalu, misalnya. Adi Suta, seorang mahasiswa Indonesia yang tinggal di Distrik 10, nasr City, tiba-tiba mendapat perlakuan tidak mengenakkan dari penjaga toko. “Kamu semua orang-orang asing harus keluar dari Mesir,” katanya. Hal yang sama juga terjadi pada Ahmad Saukan, mahasiswa lainnya, saat ia menumpang bus. “Kenapa kamu masih di sini? Kapan kamu pulang?” kata orang tersebut.
Sikap yang sebelumnya tak pernah ditunjukkan warga Mesir kepada orang asing ini dipicu oleh kampanye antinegara luar yang setiap hari didengungkan televisi Mesir. Mereka menuduh negara Barat, Islam, dan Arab, mengompori demonstrasi di Mesir. Kebencian yang sama inilah yang membuat sejumlah wartawan asing dipukul dan dirampok di sekitar Tahrir, pusat demonstrasi.
Selama 13 hari terakhir Mesir terus bergolak. Gelombang demonstrasi menuntut Presiden Mesir Hosni Mubarak mundur dari kekuasaannya juga belum surut. Perserikatan Bangsa Bangsa memperkirakan 300 orang tewas, namun menurut Kementerian Kesehatan Mesir ada 11 orang tewas dan 5.000 orang luka-luka.
Qaris Tajudin (Kairo)
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: