Beranda > Politik > Partai Berbasis NU Bergabung pada Pemilu 2014

Partai Berbasis NU Bergabung pada Pemilu 2014

Antara

Antara – Senin, 7 Februari

Bengkulu (ANTARA) – Empat partai berbasis kaum Nahdatul Ulama kecuali Partai Persatuan Pembangunan akan bergabung menjadi satu pada pemilu 2014.

Keempat partai tersebut adalah PKB, PKNU, PPNU dan PBR, kata Sekretaris Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PKB Provinsi Bengkulu Herliardo, Minggu.

Bergabungnya partai berbasis NU itu karena ada perubahan aturan baru untuk Pemilu mendatang, dengan kondisi seperti itu maka kekuatan politik akan bertambah besar.

“PKB sendiri sebagai partai lama posisinya di Bengkulu memiliki kepengurusan semakin solid tidak terjadi dualisme kepemimpinan seperti yang terjadi di Jawa beberapa waktu lalu,” kata Herliado.

Dengan kondisi tersebut pada penyelenggaraan Pemilu hanya sembilan partai besar yang akan menjadi kontestan antara lain Partai Demokrat, Golkar, PKS, PAN, PKN, Gerindra, Hanura dan PPP, otomatis kekuatan politikpun mengalami perubahan.

Sedangkan Muswil II PKB Bengkulu sendiri akan berlangsung pada April 2011, untuk membentuk kepengurusan baru hingga periode 2016 mendatang sekaligus minta pertanggung jawaban kepengurusan lama.

Saat ini telah terbentuk panitia penyelenggaran untuk kegiatan Muswil, bersamaan dengan pelatihan kader penggerak partai dan teknologi informasi beberapa waktu lalu.

Disinggung soal pencalonan, Herliardo mengakui sejumlah nama sudah bermunculan untuk memimpin PKB Provinsi Bengkulu, seperti Ketua DPW lama Jon Ramahdan, Ketua DPC PKB Kota Bengkulu Zulkarnain Kaka Jodo.

Selain itu anggota DPRD Kepahiang Zainal, dan Amir Hamzah. Semua kader punya peluang sama dan dalam Muswil setidaknya ada 10 suara yang diperebutkan, terdiri atas sembilan suara dari DPC dan satu suara dari DPW.

Sedangkan untuk pilwakot (pemilihan wali kota), PKB juga telah menjalin komunikasi politik dengan beberapa partai, sehingga nantinya dapat mengusung calon sendiri.

Selain itu, katanya beberapa nama telah mendekati partai yang didirikan Abdulrahman Wahid tersebut, tetapi belum bisa diketahui sekarang ini.

“Kita menginginkan kalau calon Ketua DPW PKB bisa eksis di Provinsi Bengkulu dengan jumlah kursi bertambah di DPRD Provinsi Bengkulu, jika selama ini hanya satu kursi ke depan ditargetkan bisa tembus 5 kursi di DPRD Provinsi dan 3 kursi di DPRD Kabupaten/Kota,” ujarnya.

Iklan
Kategori:Politik
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: