Beranda > Barat Dalam Pergolakan Mesir > Tak Mampu Prediksi Rusuh Mesir, Kemampuan Intelijen AS Dipertanyakan

Tak Mampu Prediksi Rusuh Mesir, Kemampuan Intelijen AS Dipertanyakan

Sabtu, 05/02/2011 19:11 WIB

Rachmadin Ismail – detikNews


AFP

Washington – Kemampuan kerja intelijen Amerika Serikat (AS) dipertanyakan oleh warganya sendiri. Kerusuhan di Tunisia hingga Mesir yang terjadi akhir-akhir ini seharusnya bisa diprediksi.

Dilansir CNN, Sabtu (5/2/2011), beberapa pejabat militer AS mengaku mendapat akses terbatas guna memperoleh informasi terakhir di pemerintahan Mesir. Mereka bahkan sangat tergantung dari apa yang disiarkan televisi lokal.

Beberapa senator di AS mempertanyakan apakah para intelijen gagal untuk memprediksi aksi ribuan massa di Mesir setelah bertahun-tahun terjadi krisis ekonomi dan ketidakpuasan terhadap rezim penguasa.

“Saya sudah melihat kemampuan intelijen di area ini, ada indikasi ketidakmampuan,” kata anggota komite intelijen senat, Dianne Feinstein, dalam rapat Kamis lalu.

Hal yang sama juga dinyatakan oleh pejabat senior intelijen, senator Ron Wyden dari Oregon.

“Anda tidak bisa memprediksi sesuatu dengan tepat seperti bola kristal. Tapi saya berharap ada sebuah peringatan kepada presiden kalau yang kita hadapi ke depan adalah sesuatu yang serius seperti yang terjadi beberapa hari terakhir ini,” ujarnya.

Menjawab hal ini, Deputi Direktur CIA, Stephanie O’Sullivan mengatakan, ada beberapa kejadian yang memang sulit diprediksi. “Kami sudah memperingatkan tentang ketidakstabilan. Kami tidak tahu apa yang memicu kejadian itu, dan itu terjadi di akhir tahun lalu,” kilah O’Sullivan.

Juru bicara Gedung Putih juga menolak kabar bahwa presiden Barack Obama tak puas dengan kinerja intelijen. Sejauh ini, informasi yang diterima Obama dari intelijen masih memuaskan.

“Presiden berharap dalam kasus apa pun dia mendapat informasi yang relevan, berkelanjutan dan akurat, dan itu yang beliau terima,” kata Robert Gibbs.

(mad/rdf)

Iklan
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: