Beranda > Elbaradei, Sang Penantang > Oposisi Mesir Ragukan Reformasi

Oposisi Mesir Ragukan Reformasi

Headline

Mohamed ElBaradei – thehindu.com

Oleh: Vina Ramitha
Ekonomi – Senin, 7 Februari 2011 | 12:59 WIB

INILAH.COM, Kairo – Kelompok oposisi Mesir, Muslim Brotherhood (MB) dan tokoh oposisi Mohamed ElBaradei, meragukan niat pemerintah untuk mereformasi negara tersebut.

Pada Minggu (7/2), MB bertemu dengan Wapres yang baru ditunjuk, Omar Suleiman, serta beberapa pihak lainnya dalam sebuah perundingan. Pemerintah ingin mencari jalan tengah untuk meredam kerusuhan di dalam negeri. Namun, oposisi malah berpendapat sebaliknya.

“Perundingan ini tidak jelas. Pada titik ini, tak ada yang tahu apa yang mereka katakan dan siapa harus bicara pada siapa,” tutur ElBaradei, yang mengaku tidak diundang untuk berunding bersama Suleimen.

Senada, Abdul Moneim Abdul Fatouh dari MB juga menyatakan hal sama. Menurutnya, jika pemerintah serius maka Presiden Hosni Mubarak tidak membubarkan parlemen. “Seharusnya ada dekrit presiden untuk mengakhiri situasi darurat,” katanya.

Fatouh juga ingin sejumlah pasal yang mengatur keikutsertaan partai yang berkuasa dan presiden incumbent dalam pemilihan presiden, diamandemen oleh pemerintahan. Oposisi menginginkan pemerintah segera membentul parlemen baru, sebelum membuat keputusan.

Iklan
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: