Beranda > Indonesia Dalam Krisis Mesis > Surati Mesir, SBY Tawarkan Bagi Pengalaman

Surati Mesir, SBY Tawarkan Bagi Pengalaman

Headline

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono – inilah.com/Wirasatria

Oleh: Irvan Ali Fauzi
Ekonomi – Senin, 7 Februari 2011 | 18:11 WIB

INILAH.COM, Jakarta – Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mencari cara agar bisa bertukar pikiran dengan pemerintah Mesir mengenai proses transisi demokrasi yang dialami oleh Indonesia 12 tahun lalu.

Sebuah surat sudah dilayangkan melalui Ketua Satuan Tugas Evakuasi warga Indonesia di Mesir, Hasan Wirajuda kepada pemerintahan Mesir. Presiden Yudhoyono berharap pemerintahan Mesir bisa keluar dari krisis politik yang sedang dihadapi.

Presiden mengatakan telah mengirimkan surat yang ditujukan kepada pemerintah mesir. “Surat itu isinya tiada lain adalah keinginan indonesia untuk berbagi pengalaman ketika indonesia mengamalami hal yang kurang lebih sama 12 tahun lalu, kemudian berhasil melakukan transisi demokrasi. Kemudian membawa perubahan melalui berakhirnya tata pemerintahan sebelumnya ke tata pemeinrtah yang baru,” papar Presiden Yudhoyono pada keterangan pers di kantor kepresidenan, Senin (7/2/2011).

Selain itu, kepala negara berharap melalui surat itu pemerintah Indonesia bisa mendorong agar pemerintahan Mesir bisa mengatasi permasalahan dalam negerinya tanpa ada korban yang tidak perlu.

Tindakan untuk berkirim surat ini, menurut presiden sengaja dipilih oleh Indonesia karena pemerintah Indonesia tetap menghargai kedaulan Mesir. “Pemerintah Indonesia tetap menghormati negara Mesir sebagai negara dan bangsa yang berdaulat,” kata dia.

Mantan Menlu Hasan Wirajuda, kata Yudhoyono, sedang mencari cara agar surat itu bisa sampai pada pemerintah Mesir. “Tadi Hasan Wirajuda mengirimkan SMS kepada saya mencari celah atau jalan surat ini segera sampai. Mudah-mudahan mendapatkan respons yang positif dari pemerintah Mesir.” [tjs]

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: