Beranda > Ragam Peristiwa > AICHR Tetapkan Tim Penyusun Deklarasi HAM

AICHR Tetapkan Tim Penyusun Deklarasi HAM

Antara

Antara – 2 jam 56 menit lalu

Jakarta (ANTARA) – Komisi Hak Asasi Manusia antar-Pemerintah ASEAN (AICHR) akan menetapkan tim penyusun deklarasi Hak Asasi Manusia ASEAN dalam pertemuan keempatnya di Solo, Jawa Tengah, 10-13 Febuari.

Menurut keterangan dari Kementerian Luar Negeri di Jakarta, Selasa, pertemuan ke-4 AICHR itu merupakan pertemuan pertama pada saat Indonesia memegang ketua ASEAN 2011.

Pertemuan yang diharapkan akan dihadiri seluruh perwakilan AICHR itu selain menetapkan tim penyusun deklarasi HAM ASEAN juga akan membahas berbagai agenda antara lain pembahasan lanjutan rencana kerja lima tahun 2011-2015, pembahasan pembelajaran tematik, penyusunan panduan, dan agenda tindak lanjut berbagai usulan hubungan AICHR dengan pihak luar.

Pertemuan akan dipimpin oleh perwakilan AICHR Indonesia, Rafendi Djamin. Pertemuan itu dinilai cukup strategis mengingat dalam pertemuan tersebut AICHR juga akan menetapkan agenda dan prioritas kegiatan di tahun 2011.

Selama menjadi Ketua ASEAN pada tahun 2011, Indonesia akan memprioritaskan program AICHR 2011 antara lain pada penyusunan deklarasi HAM ASEAN, penguatan Sekretariat AICHR, dan mendorong interaksi AICHR dengan masyarakat.

AICHR, sebagai lembaga yang dibentuk pada tahun 2009 sesuai dengan Pasal 14 Piagam ASEAN menjadi salah satu batu loncatan penting bagi ASEAN untuk pemajuan dan perlindungan HAM di kawasan.

ASEAN terdiri atas Indonesia, Brunei Darussalam, Malaysia, Singapura, Filipina, Thailand, Kamboja, Laos, Myanmar dan Vietnam.

Kategori:Ragam Peristiwa
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: