Beranda > Barat Dalam Pergolakan Mesir > Bahas Mesir, Obama Telepon Raja Arab Saudi

Bahas Mesir, Obama Telepon Raja Arab Saudi

Kamis, 10/02/2011 10:56 WIB
Rita Uli Hutapea – detikNews

 

Washington

Aksi demonstrasi di Mesir terus menarik perhatian Presiden Amerika Serikat Barack Obama. Untuk membahas situasi politik di Mesir, Obama pun menelepon Raja Arab Saudi, Abdullah.

Dalam percakapan telepon itu, Obama menekankan perlunya mengambil langkah-langkah segera menuju transisi politik yang tertib, legal dan responsif akan aspirasi rakyat Mesir.

“Presiden hari ini berbicara dengan Raja Abdullah dari Arab Saudi mengenai situasi di Mesir,” demikian pernyataan Gedung Putih seperti dilansir kantor berita AFP, Kamis (10/2/2011).

“Presiden juga menegaskan komitmen jangka panjang Amerika Serikat untuk perdamaian dan keamanan di wilayah tersebut,” demikian statemen Gedung Putih.

Presiden Mesir Hosni Mubarak dikenal dekat dengan Raja Abdullah. Raja Saudi itu sebelumnya mengecam upaya-upaya oleh mereka yang disebutnya “penyusup-penyusup” untuk mengintervensi stabilitas Mesir.

Bersama Mesir, Saudi merupakan sekutu utama AS di Timur Tengah.

Aksi demo antipemerintah yang terjadi di Mesir hingga hari ini telah memasuki hari ke-17. Para demonstran terus mendesak pengunduran diri Presiden Mubarak.

Namun Mubarak sejauh ini menolak untuk mundur secepatnya seperti yang diinginkan para demonstran. Mubarak sebelumnya telah menyatakan bahwa dirinya baru akan mundur setelah pemilihan presiden yang rencananya akan digelar pada September mendatang.
(ita/nrl)

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: