Beranda > Seputar Istana > Golkar-PPP Tidak Khawatir PDIP Masuk Kabinet

Golkar-PPP Tidak Khawatir PDIP Masuk Kabinet

Antara

Antara – 1 jam 1 menit lalu
Golkar-PPP Tidak Khawatir PDIP Masuk Kabinet

Jakarta (ANTARA) – Pimpinan Partai Golkar dan Partai Persatuan Pembangunan menyatakan tidak khawatir jika kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan bergabung di kabinet.

“Reshuffle atau pergantian menteri di kabinet adalah hak prerogatif Presiden. Kalau Presiden memilih menteri dari PDI Perjuangan, kami akan menyatakan selamat bergabung,” kata Ketua Dewan Pimpinan Pusat Partai Golkar Priyo Budi Santoso, di Gedung DPR RI, Jakarta, Kamis.

Priyo mengatakan hal itu menyikapi isu yang dilontarkan Ketua Dewan Pertimbangan Pusat PDI Perjuangan, Taufiq Kiemas, bahwa PDI Perjuangan tetap terbuka jika ada tawaran terhadap kadernya untuk bergabung di kabinet.

Menurut dia, Partai Golkar tidak khawatir jika benar kader PDI Perjuangan akan bergabung di kabinet dan bahkan akan mengucapkan selamat bergabung.

“Jika ada kader PDI Perjuangan menduduki jabatan menteri di kabinet, yang jelas tidak akan ada lagi berita heboh,” katanya.

Kader Partai Golkar, kata dia, bisa bekerja bersama dengan kader PDI Perjuangan di kabinet.

Namun jika kader partai penyeimbang pemerintah itu hanya menduduki jabatan menteri di kabinet tapi pimpinan partainya tidak berada di Sekretariat Gabungan (Setgab), menurut Priyo, menurut dia kurang afdol.

“Kalau bisa seperti itu enak sekali. Yang jelas kalau PDI Perjuangan bergabung di kabinet kami menerimanya,” kata Wakil Ketua DPR RI ini.

Menurut dia, kalau sampai ada kader PDI Perjuangan yang bergabung ke kabinet, itu berarti peta politik partai penyeimbang pemerintah yang dipimpin oleh Megawati Soekarnoputri itu sudah berubah.

Padahal, katanya, sikap PDI Perjuangan terhadap posisinya yang berada di luar pemerintah selama ini, sangat konsisten.

Sementara itu, Ketua DPP Partai Persatuan Pembangunan Hasrul Azwar mentakan, jika Presiden memilih menteri dari PDI Perjuangan untuk bergabung di kabinet, PPP bisa menerimanya.

Menurut dia, PPP tidak akan banyak protes jika Presiden melakukan reshuffle kabinet dan memilih menteri dari PDI Perjuangan.

“Reshuffle menteri di kabinet itu kewenangan sepenuhnya Presiden. PPP menghargai hak prerogatif Presiden,” katanya.

Sebelumnya, Ketua Dewan Pertimbangan Pusat PDI Perjuangan, Taufik Kiemas mengatakan, PDI Perjuangan tetap terbuka terhadap kemungkinan kader partai penyeimbang pemerintah tersebut masuk ke kabinet.

“Jika negara membutuhkan kader PDI Perjuangan untuk menduduki jabatan menteri di kabinet akan kami serahkan dan DPP PDI Perjuangan tidak bisa menolaknya,” katanya.

Menurut dia, PDI Perjuangan merelakan kadernya untuk duduk kabinet jika memang dibutuhkan negara. Namun jika kader PDI Perjuangan yang melamar agar bisa duduk sebagai menteri di kabinet, itu tidak boleh karena seolah-olah kader PDI Perjuangan mencari pekerjaan.

“Sampai saat ini belum ada sinyal tawaran terhadap kader PDI Perjuangan untuk bergabung di kabinet,” katanya.

Iklan
Kategori:Seputar Istana
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: