Beranda > Seputar Istana > SBY: Pemahaman Salah tentang Agama Harus Dicegah

SBY: Pemahaman Salah tentang Agama Harus Dicegah

Liputan 6

Liputan 6 – 22 menit lalu
SBY: Pemahaman Salah tentang Agama Harus Dicegah

Liputan6.com, Jakarta: Presiden Susilo Bambang Yudhoyono meminta ulama dan aparat pemerintah mencegah penyebaran pemahaman yang salah tentang agama sehingga kehidupan masyarakat bisa berjalan dengan damai. Demikian disampaikan Presiden Yudhoyono dalam sambutan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1432 Hijriah di Istana Negara, Jakarta, Rabu (16/2) malam.

Dalam acara yang dihadiri pula oleh Wakil Presiden Boediono, Presiden Yudhoyono menjelaskan, penyebaran pemahaman yang salah biasanya menyakiti kelompok tertentu yang tidak sependapat, lalu bisa berujung benturan fisik. Untuk itu Presiden SBY meminta ulama dan aparat pemerintahan jeli mengamati setiap perkembangan dalam masyarakat. Serta, harus memprioritaskan pencegahan penyebaran pemahaman yang salah, namun harus dilakukan dengan cara damai.

SBY menekankan, peran ulama sangat penting dalam memberikan pemahaman yang benar tentang agama dan para ulama bisa meneladani tindakan Nabi Muhammad SAW dalam membina umat. Presiden menyebutkan, salah satu ciri Nabi Muhammad adalah sopan santun.

“Oleh karena itu, menjadi tugas ulama, mubalig, dan pendidik untuk menyampaikan ajaran Islam dengan santun,” kata Presiden. Yudhoyono pun berharap, ulama tidak menggunakan kata-kata kasar, apalagi fitnah, dalam menyampaikan ajaran atau pendapat..

Sementara itu, Menteri Agama Suryadharma Ali menyatakan fitnah sering terjadi dalam kehidupan. “Termasuk dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,” katanya. Suryadharma meminta umat Islam untuk tidak memfitnah sesama, dan tetap bijak dalam menanggapi fitnah dari pihak lain.(ANS/Ant)

Iklan
Kategori:Seputar Istana
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: