Beranda > Bahrain Memanas > Bahrain Memanas, Empat Demonstran Tewas

Bahrain Memanas, Empat Demonstran Tewas

Jaenal Abidin

17/02/2011 21:40
Liputan6.com, Manama: Gelombang aksi protes di Bahrain, meluas dan menelan korban jiwa. Aparat keamanan telah tersebar di kerumunan ribuan demonstran anti-pemerintah di alun-alun Mutiara (Pearl Square) yang terletak di pusat ibu kota Bahrain, Manama. Ratusan polisi antihuru-hara yang menggunakan gas air mata dan tongkat juga menyisir alun-alun sebelum fajar pada Kamis (17/2). Empat orang dilaporkan tewas dalam operasi penyisiran berujung bentrokan tersebut.

 

Seperti dilansir BBC, para demonstran yang menyerukan reformasi politik semakin meluas dan telah berkemah sejak Selasa silam. Bentrokan awal pekan ini juga menewaskan dua orang dan puluhan orang lainnya terluka. Dilaporkan pula, polisi telah bertindak tanpa peringatan sekitar pukul 03.00 waktu setempat. Saksi mata melihat setidaknya 100 polisi antihuru-hara di satu sisi Pearl Square dan ratusan orang melarikan diri dari alun-alun menyusuri jalan samping.

Bahrain adalah sekutu utama Amerika Serikat, yang menjadi pangkalan Angkatan Laut AS Armada V. AS juga telah menyatakan kekhawatiran atas kekerasan dan menyerukan untuk menahan diri.

Adapun lima tuntutan para demonstran Bahrain adalah, pembebasan tahanan politik, lapangan pekerjaan dan perumahan agar ditambahkan, parlemen yang lebih representatif dan diberdayakan. Selain itu, pengunjuk rasa menuntut konstitusi baru dan kabinet baru tanpa kehadiran Perdana Menteri Syekh Khalifah bin Salman al Khalifah yang telah menjabat selama 40 tahun

Di Bahrain, mayoritas muslim Syiah telah dipimpin oleh keluarga kerajaan muslim Sunni sejak abad 18. Dan demonstrasi di Bahrain adalah bagian dari gelombang kerusuhan anti-pemerintah yang saat ini melanda Timur Tengah.(JAY/ANS/BBC/AP)

Kategori:Bahrain Memanas
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: