Beranda > Seputar Istana > Pernyataan Presiden soal Pemahaman Agama Dipertanyakan

Pernyataan Presiden soal Pemahaman Agama Dipertanyakan

Liputan 6

Liputan 6 – 23 menit lalu

Liputan6.com, Jakarta: Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menyatakan, pemahaman agama yang keliru harus diluruskan. Namun hal itu harus dilakukan dengan damai.

“Di sisi lain, kita harus membimbing dan meluruskan kembali pemahaman agama yang keliru dan menyimpang. Kita harus mencegah penyebaran agama yang salah, yang dapat menimbulkan keresahan, bahkan benturan fisik serta keresahan antarumat. Namun, semuanya harus dilakukan secara damai dan bermartabat,” ujar Yudhoyono dalam peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Istana Negara Jakarta, baru-baru ini [baca: SBY: Pemahaman Salah tentang Agama Harus Dicegah]

Menurut Rektor UIN Syarif Hidayatullah Komaruddin Hidayat, tak ada yang salah dari ucapan Presiden Yudhoyono. Namun, pernyataan itu sebetulnya sangat sulit diterapkan. Soalnya, pada ranah keyakinan, pihak salah atau benar seringkali sulit ditentukan.

“Tapi ketika presiden masuk ke wilayah agama, juga akan dipertanyakan, karena itu wilayah agama. Dia benar, secara normatif memang benar. Mari kita hidup rukun. Mari yang salah dibenarkan, yang sesat dikembalikan. Secara normatif itu betul,” ujar Komaruddin.

Tapi ketika dikejar implementasinya, menurut Komaruddin, Presiden pasti akan angkat tangan dan bingung untuk menentukan siapa yang salah Siapa yang mengajak kembali Bagaimana caranya

Akhir-akhir ini Indonesia memang tengah dilanda sejumlah kericuhan berlatar keyakinan. Mulai dari penyerangan terhadap jemaah Ahmadiyah di Cikeusik, Pandeglang, Banten, pembakaran gereja di Temanggung, Jawa Tengah, hingga penyerangan terhadap sebuah pondok pesantren di Pasuruan, Jawa Timur.(ULF)

Kategori:Seputar Istana
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: