Beranda > Katanya!!!!!!! > NU Yakin Jasad Gus Dur Utuh Benar Adanya

NU Yakin Jasad Gus Dur Utuh Benar Adanya

Jum’at, 18 Februari 2011 – 19:15 wib
Nurul Arifin – Okezone
 

Makam Gus Dur yang sudah ditembok (Foto: Nurul A/okezone)
SURABAYA– Amblesnya makam KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur pada Jumat dini hari masih menyimpan misteri. Kabar jasad Gus Dur yang masih utuh menambah kemisterian tersendiri. Bagaimana warga Nahdiyin melihat hal tersebut? 

“Sebagian kalangan NU percaya Gus Dur itu seorang wali. Bahkan kabar kain kafan dan jasad Gus Dur masih utuh, kemungkinan besar benar,” kata Aan Ansori, Project Manager Human Right and Justice for Poor, Lembaga Kajian dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Nahdhotul Ulama (Lakpesdam NU) Jombang kepada okezone, Jumat (18/2/2011).

Dia menjelaskan, sosok Gus Dur sebagai wali dapat dilihat dari tiga aspek. Pertama, kewalian seseorang bisa dilihat semasa hidup dikaitkan dengan seberapa jauh kemanfaatan orang itu terhadap bangsa dan komunitasnya.

“Semasa hidup Gus Dur banyak memberikan manfaat baik di kalangan Muslim dan non-Muslim,” tuturnya.

Kedua dari segi Metafisik, kewalian cucu pendiri NU KH Hasyim ‘Asy’ary itu bisa dilacak dari ghirahnya (kemauan kuat) dalam hal membaca hal-hal yang berat.

Misalnya ketika masih di pondok pesantren, Gus Dur pernah ‘kepergok’ membaca Masterpieece Karl Marx Das Kapital. Bahkan Gus Dur sendiri dikenal sebagai kamus berjalan karena kemampuan membaca dan menghafalnya di atas rata-rata.

Kemudian, lanjut Aan, ketika Gus Dur meninggal. Ribuan orang dari berbagai penjuru Indonesia datang untuk menghantarkan bapak Pluralisme ini ke peristirahatan terakhir.

Bahkan pascameninggalnya ribuan orang masih datang berziarah di makam Gus Dur yang berada di dalam Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang, Jawa Timur itu.

“Ada wali yang memang diizinkan oleh Sang Khaliq yang hanya diketahui oleh sesama Wali dan ada wali yang diizinkan bisa dilihat oleh publik. Dan Gus Dur termasuk kategori yang kedua itu. Setidaknya, Gus Dur menurut persepsi orang-orang NU adalah wali dan kewalian beliu tidak bisa terbantahkan,” kata Aan yang juga Kordinator Presedium Jaringan Islam Anti Diskriminasi (JIAD) Jawa Timur.(kem)

Kategori:Katanya!!!!!!!
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: