Beranda > Politik > Tiga Hal Penting Persoalan Bangsa

Tiga Hal Penting Persoalan Bangsa

Liputan 6

Liputan 6 – Minggu, 20 Februari

Liputan6.com, Jakarta: Berada di tengah-tengah derasnya arus globalisasi, Indonesia sebagai bangsa yang besar harus memiliki persiapan matang dalam menghadapi tantangan tersebut. Menurut mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Jimly Asshiddiqie, ada tiga isu global yang sangat penting yang perlu diperhatikan.

Yang pertama adalah pemerintah harus memperhatikan persoalan korupsi. Sebab masalah korupsi hingga kini cukup mengakar di setiap elemen masyarakat. Hal itu diutarakan Jimly usai menghadiri diskusi kebangsaan bertema “Mencari Akar Permasalahan Bangsa” di LIPI, Jakarta, Sabtu (19/2).

Lalu kedua, Jimly menyoroti masalah pelanggaran hak asasi manusia atau HAM. Karena menurut penasihat Komnas HAM banyak persoalan pelanggaran HAM yang terjadi di masa lalu dan belum terselesaikan. “Yang ketiga adalah masalah lingkungan hidup. Kalau sekarang lingkungan hidup kan gak ada (perhatian khusus). Padahal di seluruh dunia gak ada yang gak bicara soal lingkungan hidup. Jadi ini yang penting.”

Tiga isu global itu yang menurut Jimly sangat penting untuk diperhatikan bangsa saat ini dan ke depan. “Sehingga memerlukan sistem penegakan hukum kita bukan instrumen pendukung terhadap proses penuntutan,” tegasnya.(AIS)

Kategori:Politik
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: