Beranda > Bencana Alam > Selandia Baru Diguncang Gempa 6,3 SR

Selandia Baru Diguncang Gempa 6,3 SR

Y! Newsroom

Y! Newsroom – Selasa, 22 Februari

Gempa bumi kuat mengguncang Christchurch, kota kedua terpadat di Selandia Baru, Selasa (22/2) pagi. Kerusakan dilaporkan dari berbagai lokasi, utamanya di pusat kota, termasuk dua bus yang hancur ditimpa puing bangunan yang runtuh. Sejumlah korban dilaporkan tewas.

Lindu itu berkekuatan 6,3 skala Richter, berpusat 20 kilometer di tenggara Christchurch, di kedalaman 5 kilometer. Sejumlah saksi mengatakan bangunan di sekitar Cathedral Square di pusat kota beruntuhan, termasuk gereja itu yang juga hancur.

Segera seusai gempa, pusat kota dipenuhi orang-orang yang berpelukan dan menangis. Beton trotoar terangkat di berbagai tempat, pohon-pohon terjungkal, dan Sungai Avon berubah coklat.

Reporter New Zealand Herald Jarrod Booker melaporkan guncangan berlangsung sekitar satu menit, “sangat keras, mengguncang gedung-gedung ke depan dan belakang”. Sejumlah pengguna Twitter melaporkan guncangan yang terasa hingga Wellington dan Dunedin. Getaran juga dirasakan di Greymouth dan Timaru, yang jaraknya lebih jauh.

Gempa itu juga membuat penerbangan di seantero Selandia Baru sempat dihentikan. Sebab, pusat pengendali lalu lintas udara negara itu berada di Christchurch. Setelah gempa, otoritas penerbangan harus memeriksa apa ada gangguan dengan sistem.

Perdana Menteri John Key mengatakan, gempa terjadi di saat kota sedang sibuk-sibuknya. “Orang-orang sedang bekerja, anak-anak sedang di sekolah,” kata dia. Saat memberi pernyataan, belum dipastikan jumlah korban jiwa, namun ia sudah menerima laporan sejumlah orang terperangkap dalam bangunan yang runtuh.

Ini gempa kedua dalam enam bulan terakhir di Christchurch, kota berpenduduk 340 ribu jiwa. Pada September, lindu 7,1 skala Richter juga menyisakan sejumlah kerusakan fisik, namun kerusakannya lebih minor dibanding gempa kali ini. Gempa sebelumnya itu telah melemahkan struktur sejumlah bangunan. Pemulihan usai gempa 4 September itu sendiri diperkirakan memakan 3 miliar dolar AS.

TAMBAHAN:

Gempa bumi ini tercatat menewaskan 65 orang, memerangkap lusinan lainnya di bawah bangunan yang rubuh. “Saat ini, korban tewas adalah 65 jiwa dan bisa saja bertambah,” kata Perdana Menteri John Key di saluran TVNZ.

Gempa 6,3 skala Richter ini lebih merusak dari gempa 7 SR September lalu, sebab pusat gempa lebih dekat ke kota Christchurch dan lebih dekat ke permukaan bumi. Gempa itu melanda pada pukul 12.51 waktu setempat, atau menjelang pukul tujuh pagi Waktu Indonesia Barat.

Gempa ini kedua terburuk setelah lindu 7,8 skala Richter menewaskan 256 orang di Hawke’s Bay pada 1931. Selandia Baru dilewati “Cincin Api Pasifik”, zona gempa dan vulkanik sangat luas yang membentang dari Cile ke Jepang, dan ke Indonesia di sisi lainnya.

Yahoo!7, AFP, Dodi IR

Kategori:Bencana Alam
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: