Beranda > Seputar Istana > Pengamat: SBY Lebih Mudah Melepas PKS

Pengamat: SBY Lebih Mudah Melepas PKS

Antara

Antara – Selasa, 8 Maret

Jakarta (ANTARA) – Pengamat politik dari Universitas Airlangga Prof Katjung Marijan menyatakan, bagi Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, melepas Partai Keadilan (PKS) dari koalisi jauh lebih mudah daripada Partai Golkar meski kedua partai itu terbukti lemah komitmennya terhadap kepentingan bersama koalisi.

“Melepas PKS dari koalisi lebih mudah, posisinya bisa digantikan Gerindra, meskipun kekuatan kedua partai itu tidak sama di parlemen,” kata Katjung di Jakarta, Senin.

Namun, lanjut Katjung, tidak demikian dengan Partai Golkar, terlebih PDI Perjuangan yang diharapkan bisa menjadi pengganti di dalam koalisi ternyata tidak satu sikap.

“Untuk Golkar agak sulit. Penggantinya cuma PDI Perjuangan, tetapi sikap partai itu terbelah antara Pak Taufik (Taufik Kiemas) dan Mbak Puan (Puan Maharani) dengan Bu Mega (Megawati Soekarnoputri),” katanya.

Menurut Katjung, jika dengan kondisi seperti itu PDI Perjuangan dipaksakan masuk koalisi, maka kondisinya tidak akan jauh berbeda dengan yang terjadi selama ini, yakni pemerintah tidak bisa tenang menjalankan tugasnya akibat ulah partai mitra koalisi sendiri.

“Tidak mungkin satu kaki di dalam sementara kaki yang lainnya di luar,” katanya.

Oleh karena itu, lanjut Katjung, yang mungkin bisa dilakukan Presiden Yudhoyono adalah memperbaiki hubungan dengan Partai Golkar, terutama dengan ketua umumnya, Aburizal Bakrie.

“Kalau hubungan keduanya baik, bisa lebih mudah. Secara personal, SBY lebih mungkin berhubungan dengan Aburizal daripada dengan Mega,” katanya.

Sementara terkait PKS, menurut Katjung, karena dulu SBY mengajak partai itu masuk koalisi secara baik-baik, maka untuk mengeluarkannya dari koalisi juga harus dilakukan secara baik-baik.

“Artinya, SBY harus menemui sendiri pimpinan PKS yakni Hilmi Aminuddin dan Luthfi Hasan Ishaaq,” katanya.

Kategori:Seputar Istana
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: