Beranda > Politik > Wiranto: Pemerintah dan DPR Lupa Urus Rakyat

Wiranto: Pemerintah dan DPR Lupa Urus Rakyat

Metro TVOleh Metro TV News | Metro TV – Kam, 10 Mar 2011 21.38 WIB

Metrotvnews.com, Jakarta: Tarik-menarik kepentingan politik antara partai koalisi yang tak berkesudahan membuat pemerintah dan wakil rakyat di parlemen lupa tanggung jawab utamanya mengurusi rakyat. Penilaian itu dikemukakan Ketua Umum Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) Wiranto di Gedung Parlemen, Jakarta, Kamis (10/3).

“Energi kabinet dan partai politik tersedot untuk mengurusi reshuffle dan transaksi politik. Pemikiran dan perhatian para pejabat dalam kabinet maupun parpol tersita, sehingga fokus perhatiannya terpecah. Tidak lagi memikirkan mandat dari rakyat,” ujarnya.

Hal ini terjadi, sambung dia, karena kabinet sejak awal dibentuk dengan berdasarkan kalkulasi politik. “Sistem ini menjadi kacau, karena berdasar pada kalkulasi politik. Kalau energi itu difokuskan pada kepentingan rakyat, akan banyak menolong di saat kondisi sekarang memprihatinkan,” keluhnya.

Fungsi pengawasan yang seharusnya dilakukan parlemen pun terlihat melonggar. “Anggota DPR tidak lagi dapat berkonsentrasi, memberi kritik-kritik tajam terhadap kinerja pemerintah yang mewakili rakyat. Beberapa fraksi di DPR sudah terkooptasi dengan perombakan kabinet,” tuturnya.

Wiranto pun menambahkan, anggota Fraksi Hanura di DPR tetap memegang konsistensi sebagai oposisi. “Kami berkoalisi dengan rakyat, kami beroposisi dengan kebijakan yang tidak prorakyat,” imbuhnya.(MI/*)

Kategori:Politik
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: