Beranda > Ragam Peristiwa > Ini Tiga Orang Terkaya Dunia

Ini Tiga Orang Terkaya Dunia

Carlos Slim memiliki kekayaan US$74 miliar atau sekitar Rp666 triliun.
Kamis, 10 Maret 2011, 11:07 WIB

Hadi Suprapto

 

Carlos Slim Helu (Forbes)

VIVAnews – Majalah ekonomi Forbes menobatkan Carlos Slim Helu sebagai orang terkaya dunia pada Maret ini. Forbes mencatat kekayaan Slim dan keluarganya sebesar US$74 miliar atau sekitar Rp666 triliun dengan kurs Rp9.000 per dolar AS.

Kekayaan laki-laki berusia 71 asal Meksiko ini diperoleh dari perusahaan telekomunikasinya, Telmex. Dari perusahaan inilah Slim telah dua kali berturut-turut menempati posisi terkaya dunia.

Keluarga Slim juga menguasai 62 persen saham perusahaan telekomunikasi mobile terbesar di Amerika Latin, America Movil. Perusahaan ritel Saks juga menjadi salah satu penyumbang kekayaan.

Baru-baru ini dia membuka Soumaya Museum, museum seni yang terbuka untuk umum secara gratis.

Selama setahun, kekayaan Slim telah bertambah US$20,5 miliar. Penambahan ini membuat kesenjangan semakin tinggi dengan orang terkaya dunia, Bill Gates. Kekayaan bos Microsoft sendiri hanya bertambah US$18 miliar menjadi US$56 miliar.

Maestro Microsoft yang berusia 55 ini memilih menyumbangkan US$30 miliar kekayaannya untuk amal melalui Bill & Melinda Gates Foundation.

Badan amal dunia yang berpengaruh ini menangani polio dan kelaparan, mengembangkan vaksin AIDS,  dan mendorong kinerja guru-guru di dunia.

Sedangkan orang terkaya dunia ketiga adalah Warren Buffett. Laki-laki berusia 80 ini memiliki kekayaan US$50 miliar.

Buffett memiliki julukan Oracle of Omaha. Ia telah mengumpulkan kekayaan dari kecerdikannya berinvestasi melalui perusahaannya Berkshire Hathaway.

Pada usia 12, dia sudah membaca buku-buku investasi saham di perpustakaan umum Omaha. Dia bertemu dengan investor Benjamin Graham di Columbia dan membeli perusahaan tekstil Berkshire Hathaway pada 1965.

Dari situ lah, dia mengubah menjadi perusahaan induk besar: makanan, asuransi, industri. Buffett mengakuisisi raksasa kereta api Burlington Northern Santa Fe Railway sebesar US$26 miliar pada 2009.

• VIVAnews

Kategori:Ragam Peristiwa
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: