Beranda > Tsunami Jepang > Jepang, Rusia, dan Taiwan Antisipasi Tsunami Susulan

Jepang, Rusia, dan Taiwan Antisipasi Tsunami Susulan

Metro TVOleh Metro TV News | Metro TV – Jum, 11 Mar 2011 17.16 WIB

Metrotvnews.com, Tokyo: Pemerintah Jepang memperingatkan warganya untuk mengantisipasi tsunami susulan, Jumat (11/3). Peringatan itu terutama ditujukan kepada warga yang tinggal di wilayah pantai utara Jepang.

Gempa yang berkekuatan 8,9 pada skala Richter telah menimbulkan tsunami setinggi enam meter. Gelombang menghantam kawasan pesisir di timur laut Jepang dan menimbulkan kerusakan parah.

Getaran gempa dilaporkan juga menimbulkan kerusakan bangunan di beberapa wilayah di Jepang. Hingga kini belum ada laporan korban jiwa dalam kejadian ini.

Peringatan serupa juga digencarkan pemerintah Rusia. Sekitar 11 ribu warga di Pulau Sakhalin dan sekitarnya dievakuasi. Upaya itu untuk mengantisipasi guncangan akibat gempa berkekuatan 8,9 Skala Richter yang melanda timur laut Jepang.

Pejabat Antisipasi Bencana Rusia mengatakan beberapa desa di Pulau Sakhalin berada di wilayah yang potensial terkena tsunami. Namun, hingga kini, tidak ada laporan kerusakan di pulau tersebut.

Pihak berwenang di Semenanjung Kamchatka yang terletak di utara Pulau Sakhalin mengatakan wilayah mereka tidak terancam tsunami. Namun, gunung-gunung yang mengelililingi semenanjung tersebut telah memuntahkan gas dan awan panas hingga ketinggian 5.800 meter. Gunung-gunung di Kamchatka merupakan bagian dari Cincin Api yang mengelilingi Samudera Pasifik.

Begitu pula dengan Pusat Biro Cuaca Taiwan. Pejabat berwenang mengeluarkan peringatan tsunami menyusul gempa besar yang terjadi di wilayah Jepang. Peringatan tsunami dikeluarkan di kawasan pantai utara dan timur negara tersebut.

Gelombang tsunami yang berawal dari wilayah Jepang diperkirakan akan menghantam kawasan pantai Taiwan pukul 16.30 WIB. Untuk itu, masyarakat yang tinggal di wilayah pesisir diminta waspada.(Rtr/AP/MI/***)

Kategori:Tsunami Jepang
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: