Beranda > Parlementaria > Amandemen UUD 1945: Wow, Senator Minta Hak Pemakzulan Presiden

Amandemen UUD 1945: Wow, Senator Minta Hak Pemakzulan Presiden

InilahInilah – Sen, 21 Mar 2011 14.28 WIB
  • Amandemen UUD 1945: Wow, Senator Minta Hak Pemakzulan Presiden
    Amandemen UUD 1945: Wow, Senator Minta Hak Pemakzulan Presiden

INILAH.COM, Jakarta – Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI ingin diberi hak mengajukan usul pemakzulan. Hal itu tertuang dalam naskah perubahan kelima Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia (UUD 1945) versi DPD RI yang beredar di parlemen.

Dalam Pasal 7A UUD 1945 disebutkan bahwa, “Presiden dan/atau Wakil Presiden dapat diberhentikan dalam masa jabatannya oleh Majelis Permusyawaratan Rakyat atas usul Dewan Perwakilan Rakyat, baik apabila terbukti telah melakukan pelanggaran hukum berupa pengkhianatan terhadap negara, korupsi, penyuapan, tindak pidana berat lainnya, atau perbuatan tercela maupun apabila terbukti tidak lagi memenuhi syarat sebagai Presiden dan/atau Wakil Presiden.”

Para senator mengusulkan perubahan isi pasal tersebut. Usulannya adalah, “Presiden dan/atau Wakil Presiden dapat diberhentikan dalam masa jabatannya oleh Majelis Permusyawaratan Rakyat atas usul Dewan Perwakilan Rakyat dan/atau Dewan Perwakilan Daerah, baik apabila terbukti telah melakukan pelanggaran hukum berupa pengkhianatan terhadap negara, korupsi, penyuapan, tindak pidana berat lainnya, atau perbuatan tercela maupun apabila terbukti tidak lagi memenuhi syarat sebagai Presiden dan/atau Wakil Presiden.”

Penambahan kata “dan/atau Dewan Perwakilan Daerah” setelah kata “atas usul Dewan Perwakilan Rakyat” dimaksudkan agar DPD juga menjadi berhak mengajukan usul pemakzulan.

Hal ini sesuai dengan prinsip dalam perubahan ini bahwa DPR dan DPD memiliki kekuasaan yang setara. Kesetaraan tersebut antara lain tercermin dari kewenangan untuk dapat mengajukan usul pemberhentian Presiden dan/atau Wakil Presiden seperti halnya DPR. Dengan demikian, usul pemakzulan bisa dilakukan oleh dua lembaga atau satu lembaga saja. [jp/mah]

Kategori:Parlementaria
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: