Beranda > Kisruh Libya > KBRI di Tripoli Dipindah ke Tunis

KBRI di Tripoli Dipindah ke Tunis

Metro TVOleh Metro TV News | Metro TV – 1 jam 21 menit lalu

Metrotvnews.com, Tunis: Pemerintah memutuskan memindahkan Kedutaan Besar RI di Tripoli, Libya, ke Tunis, ibu kota Tunisia. Pilihan diambil menyusul belum redamnya saling serang pendukung-penentang Moammar Khadafi.

“Proses pemindahan tersebut dimulai kemarin, namun empat staf kedutaan tetap berada di Tripoli guna memastikan keselamatan warga Indonesia yang memilih untuk bertahan di sana,” terang Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa di Gedung Kemenlu, Jakarta (22/3).

Dia menambahkan, “Sekarang kita sedang dalam tahapan pengosongan kantor KBRI di Tripoli, namun tugas-tugas KBRI itu akan dilaksanakan dari Tunis”.

“Kita ingin memastikan agar jangan sampai ada WNI yang masih tertinggal disana, termasuk rekan-rekan dari Metro TV yang masih bekerja disana,” harap Marty.

Menurut Marty, Duta Besar Indonesia untuk Libya, Sanusi, melaporkan kemarin 20 dari 24 staf Kedubes Tripoli bertolak menuju Tunisia.

“Sembilan staf kedutaan beserta 11 tenaga kerja Indonesia telah meninggalkan Libya, sekarang tinggal empat orang yang masih berada di sana,” jelas dia.

Kedubes RI di Tripoli ditutup sementara. Marty melihat beberapa negara menutup kedutaan di Tripoli. Sebagian bahkan menyetop aktivitasnya seiring tensi politik meningkat di negara Afrika Utara itu.

“Sekarang Indonesia adalah salah satu negara yang masih mengoperasikan kedutaan besarnya, bersama dengan Filipina. Staf Kedubes Vietnam dan India baru saja meninggalkan Tripoli,” katanya.

Koalisi militer Amerika Serikat, Prancis, dan Inggris mengaku kini menurunkan intensitas serangan di Libya. Ibu kota masih belum aman. Pemimpin empat dekade yang otoriter itu, Moammar Khadafi, belum jelas posisinya. (Ant/*****)

Kategori:Kisruh Libya
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: