Beranda > Kisruh Libya > Ketua MPR: RI Harus Protes Penyerangan ke Libya

Ketua MPR: RI Harus Protes Penyerangan ke Libya

InilahOleh Moh Anshari | Inilah – 1 jam 11 menit lalu
INILAH.COM, Jakarta – Ketua MPR Taufiq Kiemas menilai penyerangan Amerika Serikat dan sekutunya ke Libya bukan murni untuk melindungi warga sipil, melainkan didorong motif perebutan minyak. 

Penilaian itu diperkuat oleh sikap AS yang tidak konsisten. Terhadap negara miskin yang berkonflik, AS dan sekutunya tidak pernah bertindak. Namun, mereka akan langsung bertindak jika yang berkonflik itu negara kaya minyak. “Murni (perebutan) minyak. Kalau mau ikut campur, coba serang Somalia, Ruwanda. Itu negara miskin seperti Zimbabwe, ribut dibiarin saja,” tandas Taufiq di Gedung DPR RI, Selasa (22/3/2011).

Ia khawatir jika motif ekonomi jadi target perang, bukan tidak mungkin akan bakal pecah perang dunia ketiga. “Kalau sudah masalah ekonomi perang, bisa jadi perang dunia ketiga. Kalau Jepang dan Jerman merebut daerah minyak,” ujarnya.

Ia minta pemerintah Indonesia bersikap tegas dan mengajukan protes terhadap Amerika terkait penyerangan tersebut. “Harus tegas. Pemerintah harus memperingatkan dengan protes,” tandas Taufiq.

Sebagaimana diberitakan, konflik politik di Libya kini telah beralih menjadi perang yang melibatkan banyak negara. Pasukan sekutu menggempur Tripoli dan pusat kekuasaan Moamar Khadafy. Sejumlah warga sipil menjadi korban bombardir sekutu. [tjs]

Kategori:Kisruh Libya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: