Beranda > Ragam Peristiwa > Sri Mulyani Disebut-sebut Jadi Calon Gantikan Strauss-Kahn

Sri Mulyani Disebut-sebut Jadi Calon Gantikan Strauss-Kahn

RepublikaRepublika – Jum, 20 Mei 2011
  • Mantan menkeu Sri Mulyani yang disebut-sebut calon pengganti Dominic Strauss-Kahn sebagai direktur eksekutif IMFPerbesar FotoMantan menkeu Sri Mulyani yang disebut-sebut calon pengganti Dominic Strauss-Kahn …

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA–Mundurnya Direktur Eksekutif IMF Dominic Strauss-Kahn karena skandal percobaan pemerkosaan membuat spekulasi tentang siapa yang akan memimpin IMF selanjutnya. Sejumlah nama maupun kawasan kini membuat prediksinya masing-masing.

Dari Asia Tenggara, ada dua nama yang santer disebut. Salah satunya adalah mantan menkeu Indonesia Sri Mulyani Indrawati. Nama Sri Mulyani disebutkan oleh Menkeu Thailand Korn Chatikavanij. “Kandidat untuk direktur eksekutif IMF harusnya dari negara berkembang,” kata dia, seperti dikutip Wall Street Journal.

“Dua kandidat yang potensial adalah Menkeu Singapura Tharman Shanmugaratnam dan Sri Mulyani Indrawati,” kata dia. Menurut Korn, Tharman terkenal sangat ketat dan dihormati di kalangan menteri keuangan dunia. Sementara Sri Mulyani saat ini menjabat direktur di Bank Dunia.

Selain dua nama ini, Korn juga menyebutkan kemungkinan kandidat lain dari India, Cina, dan Korea Selatan. Sementara itu negara yang tergabung dalam BRICS (Brazil, Rusia, India, Cina, dan Afrika Selatan) juga kemungkinan akan mengajukan calon pengganti Strauss-Kahn.

Soal pemilihan direktur eksekutif IMF memang ada pakem tertentu dengan Bank Dunia. Pakem itu adalah, jabatan tertinggi IMF biasanya diisi oleh tokoh keuangan Eropa. Sementara di Bank Dunia menjadi jatah Amerika Serikat.

Namun terkait skandal seks ini, muncul suara agar pakem ini dirombak. Karena kandidat kuat pengganti Strauss-Kahn dari Prancis adalah Menkeu Prancis Christine Lagarde. Menkeu Afsel Pravin Gordhan mengatakan IMF harus mereformasi diri.

“Agar kredibel IMF harus mereformasi dirinya. IMF harus bisa mencerminkan suara dari seluruh negara, bukan segelintir negara maju,” kata Gordhan.

Kategori:Ragam Peristiwa
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: